kenapa harus high pressure die casting?

images berikut ini merupakan pembagian atau pengelompokkan kriteria proses-proses dalam pengecoran logam yang sudah dikenal luas di seluruh industri manufaktur, baik skala industri kecil sampai skala terbesar.

bisa kita lihat bersama, kalau high pressure die castig “menduduki” peringkat pertama untuk penggunaan pressure atau tekanan dalam setiap proses yang dilakukannya.

kenapa sih kok sampai ada pembagian atau penggunaan pressure yang berbeda-beda di proses pengecoran logam? jawabannya juga sederhana, sesederhana pertanyaannya. karena setiap pemilihan proses pengecoran, itu erat kaitannya dengan karakteristik produk yang akan diinginkan.

terutama dilihat dari material logam yang dipakai, ketebalan (dimensi) produk, jumlah produksi dan cycle time proses. beberapa hal yang saya sebutkan tadi merupakan kriteria yang dipilih dalam menentukan proses apa yang dipilih.

berhubung saya ingin membahas tentang high pressure die casting atau cukup disebut die casting atau kalau disingkat menjadi HPDC, karena memang hanya itu yang saya ketahui dan saya dalami sampai sekarang🙂 maka saya akan mencoba mengungkapkan beberapa alasan utama pemilihan proses ini, sesuai dengan kriteria yang sudah saya sebutkan sebelumnya.

pertama, material logam yang digunakan. pengalaman yang saya alami, kesalahan mengasumsikan material produk yang digunakan, akan berpengaruh terhadap proses penuangan yang ditentukan. karena bidang industri tempat bekerja saya adalah industri manufaktur engine block, dengan material HD2 (standard JIS), diharuskan menggunakan proses high pressure die casting ini. dan ketika ada produk baru dengan material HD4 (juga standard JIS), dipaksakan menggunakan proses HPDC ini. dan hasilnya, part sticky atau menempel pada die. hal ini terjadi karena karakteristik material logam, dengan kandungan unsur tertentu dan pada suhu tertentu, yang mengakibatkan hal ini terjadi.

kedua, ketebalan produk. penggunaan high pressure die casting umumnya dipilih untuk produk yang mempunyai banyak profil yang tipis. pengalaman saya, cavity yang saya desain, rata-rata mempunyai ketebalan produk 2-2.5 mm. memang profil yang mempunyai ketebalan diatas itu juga ada, tetapi yang diperhatikan adalah ketebalan minimum profil produk yang ada.

ketiga, jumlah produksi per hari. tercapainya target produksi adalah “harga mati” yang dipenuhi setiap harinya. produksi adalah raja dan yang lain adalah “punggawa”, kalau kita memposisikan next cycle adalah customer bagi previous cycle. dengan proses HPDC ini, target 1000 pcs per hari adalah suatu hal yang wajar. dengan asumsi cycle time proses hanya 1 menit tiap prosesnya. dan memang itu kenyataannya🙂

keempat, cycle time proses yang cepat. relevan dengan kriteria ketiga, cycle time proses akan menentukan jumlah produksi tiap hari. silahkan dibayangkan sendiri, betapa cepatnya proses yang dilakukan dan betapa ribetnya man behind the gun yang mengaturnya🙂

One thought on “kenapa harus high pressure die casting?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s