helm SNI, antara kebanggaan dan kekuatiran

kemarin malam, saya melihat program belagu banget di jak tv, yang mengangkat tema aplikasi helm SNI di jakarta.

dan dari beberapa diskusi dari narasumber, yang saya ingat dari pihak BSN (badan sertifikasi nasional), memberikan pernyataan bahwa aturan SNI yang berlaku di indonesia… sudah diketahui dan disetujui oleh 150 negara lain di berbagai belahan dunia.

wah… ternyata aturan helm SNI ini sudah diakui di sekitar 150 negara lain di bberbagai belahan dunia ini. jelas ini membanggakan bagi diri saya pribadi.

jadi kalau bisa ditarik kesimpulan oleh saya pribadi, helm SNI yang beredar di indonesia akan bisa diekspor ke luar negeri dan dipakai oleh para bikers di negara tersebut, tanpa adanya rasa was-was atau ketakutan. karena secara kualitas material dan faktor safety… sudah disepakati oleh negara tersebut.

tetapi… kalau dipikir dan ditelaah… terus dipikir lagi… terutama untuk konteks penggunaan helm SNI di luar negeri, apakah dengan harga helm SNI yang berkisar, anggap saja rata-rata, rp.300rb… itu layak dibandingkan dengan helm sertifikasi lain, dengan harga diatas rp. 1jtan??? bukannya meremehkan atau merendahkan barang buatan negeri tercinta indonesia ini (maklum hanya komentator)… tetapi ada harga pasti ada kualitas yang ditebusnya… yah istilah kasarnya, ada harga ada rupa.

jujur, saya tidak tahu tetek bengek urusan pajak inilah… pajak itulah… yang mengakibatkan harga helm dengan brand yang terkenal dari luar negeri, ketika masuk ke indonesia bisa menjadi semahal itu. tetapi… yang menjadi pemikiran saya… apabila helm kita benar diekspor ke luar negeri, apakah harganya juga menjadi mahal untuk ukuran penduduk lokal di negara tersebut???

2 thoughts on “helm SNI, antara kebanggaan dan kekuatiran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s