training software simulasi die casting

ternyata jadi guru atau trainer itu menyenangkan juga… itu kesimpulan saya setelah menjadi trainer selama hampir satu minggu ini. meski hanya sebagai trainer sementara sih… tapi memang menyenangkan. melihat bagaimana ilmu yang kita miliki bisa kita bagikan dengan ikhlas… melihat bagaimana orang lain menjadi bersemangat untuk belajar dan menambah ilmunya.

sebenarnya, pengetahuan yang saya bagikan di pelatihan pada dasarnya ilmu umum yang di bangku kuliah pun diajarkan (tapi hanya yang kuliah jurusan teknik yah… terutama teknik mesin atau turunannya). yaitu pengetahuan tentang aplikasi metode elemen hingga, di casting process simulation atau proses simulasi pengecoran logam.

kalau ditanya tentang… apa sih metode elemen hingga itu??? waduh… saya sendiri sebenarnya tidak menguasai ilmu itu secara spesifik. hanya tahu basicnya saja. yah… penentuan node di masing-masing bentuk elemen… penentuan elemennya itu sendiri dalam suatu dimensi… dan sebagainya🙂

tapi kalau ditanya tentang casting process, terutama high pressure die casting… saya bisa memberi jawaban untuk satu atau dua pertanyaan. lebih dari itu… saya sendiri tidak yakin bisa🙂

nah… pelatihan yang saya lakukan ini adalah menerapkan metode elemen hingga, melalui suatu software, untuk mensimulasikan proses pengecoran logam, khususnya aluminium, sehingga diperoleh suatu kondisi yang optimal secara kualitas dan delivery serta lebih efisien dalam hal biaya, ketika menghadapi proses aktual.

sebenarnya tidak hanya aluminium saja, material logam lain, entah ferrous atau non ferrous, bisa disimulasikan dengan software ini.

mungkin terlalu njelimet kalau saya posting detail disini… karena postingan saya ini hanya ungkapan dari curahan hati saya ketika saya diminta memberi pelatihan kepada beberapa teman sekantor🙂

13 thoughts on “training software simulasi die casting

  1. saya pembuat asesoris untuk pakaian distro kancing & ripet celana jeans khususnya tapi ada beberapa orang yg pesen produk die casting untuk logo di tas & dompet. bisa sih pesen ke pabrik besar cuma lebih banyak lg untungnya klo produksi sendiri (seperti kancing jeans besi yg selama ini saya lakukan). permasalahannya ga ada yg jual mesin die castingnya di Indonesia yg ada buatan cina tapi harganya edan edanan. ada tetangga saya yg beli mesin die casting second dari pabrik yg bangkrut dgn harga miring tapi gada lg stok mesinnya. saya penasaran apa anda tau cara bikin mesin die casting untuk ukuran kecil dengan harga yg lebih terjangkau?

  2. well… kalau tau bisa hubungi saya di alanat email saya. ada komisi tentunya kalau bisa kasih solusi:)

  3. wah… beribu maaf pak.
    kalau untuk membuat mesin-nya, saya tidak berkompeten disitu. kalau untuk pembuatan dies (cetakan) -nya, mungkin saya bisa membantu.🙂

  4. saya mahasiswa teknik mas, salam kenal..

    tentang software yang digunakan buat simulasi itu kira-kiraaaaaaa, saya bisa minta ga yah?
    hehe..

    soalnya sekarang saya lagi magang di perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi & pemesinan, kebetulan proyek yang sekarang itu mau bikin mesin press tonnase 60 Ton lebih..

    komponen-komponennya itu rencananya mau dicor aja katanya tapi, saya masih awam tentang foundry nih mas, mohon pencerahannya dong.. barangkali ada referensi yang menarik buat saya dan teman-teman disini..

    permintaan ini murni atas keinginan saya menuntut ilmu, terima kasih atas perhatiannya mas diviarsa..

  5. maaf, mas fandi yah..
    hehe..

    saya bakal mantau inbox terus nih, nunggu kabar dari mas fandi, hehe

  6. wah… apa yang dipantau nih🙂🙂
    silahkan lihat di email sampeyan… mungkin sedikit bisa membantu…

    btw terimakasih sudi mampir di blog gado-gado ini🙂

  7. salam knal mas hendrik….bicara soal mesin die casting….
    saya ada neh,, jual msin die casting second untuk ukuran 250 ton & 350 ton…
    kalau ada yang berminat bsa hubungi saya melalui email..
    pranoto.susilo@rocketmail.com
    trima kasih……..

  8. maaf… saya benar-benar tidak mengerti maksud dari simulasi pembuatan pulley ini.
    fyi, software ini hanya mensimulasikan proses pengecoran, baik berupa sistem GDC (gravity, ex. pengecoran piston), LPDC (low pressure, ex. head cylinder block) dan HPDC (high pressure, ex. crank case).
    jadi untuk data CAD (data 3D drawingnya) dikerjakan dengan software CAD yang ada.
    setelah itu baru di-convert dan digunakan sebagai input di software CAE yang saya gunakan.

  9. mas fandi salam kenal nama saya ifan, jika saya ingn belajar magma soft untuk casting proses bisa ke mas fandi kah krena tugas akhir saya menyangkut ttg simulasi casting proses untuk optimasi flowline
    trmksih mas

  10. Klik avatar saya saja mas/mbak. Harusnya sih muncul email saya.
    Monggo kalau mau berdiskusi. Semoga saya bisa membantu, meski, saya yakin, hanya sedikit sekali.

Tinggalkan Balasan

