curhat… video heboh balita merokok dan berkata jorok

miris… itu perasaan saya ketika membaca berita di detik.com tentang balita berusia 4 tahun, berinisial SW, yang sudah merokok dan berkata-kata saru atau jorok. terlebih setelah saya melihat cuplikan video yang sempat beredar di youtube.com. benar-benar kacau dan sungguh tidak masuk di akal sehat melihat “kemampuan” SW untuk meyerap dan mempraktekkan hal tersebut.

dari video tersebut, terlihat bagaimana SW merokok… berbicara sesuatu hal yang pornografi, dimana semestinya balita seumuran SW mulai bersekolah, entah di playgroup atau sudah masuk taman kanak-kanak… dan terlebih, sopan santun tidak terlihat sedikitpun dari sikap SW.

dari detik.com juga, saya mengetahui kalau orangtua dari SW bekerja sebagai kuli dan tergolong kurang mampu secara finansial. dan pengasuh SW berprofesi sebagai pengantar barang. terlepas dari itu, saya yakin, dari orang tua ataupun pengasuh SW, mempunyai perasaan kasih sayang dan kepedulian yang sangat tinggi terhadap SW.

tapi yang saya herankan, sikap dari orang sekitarnya, yang notabene lebih dewasa dan lebih berakal, malah membuat atau bisa dibilang menjerumuskan SW menjadi seperti itu. dan itu hanya dianggap sebagai sesuatu hal yang LUCU dan LUMRAH DARI SEORANG BALITA!!!!

saya yakin, orang tua dari SW serta pengasuhnya pasti berusaha agar SW tidak menjadi seperti itu. buktinya, ketika melihat SW seperti itu, orang tua dan pengasuhnya menyatakan keprihatinannya sendiri.

bukannya mau menyalahkan pihak manapun, tetapi seharusnya hal ini menjadi tanggungjawab kita bersama.

saya jadi membayangkan, kalau sistem pembayaran zakat dan pembagian zakat, baik zakat maal atau zakat profesi, bisa berjalan dengan baik. saya yakin pasti dapat mengurangi tingkat kemiskinan, terlebih situasi yang memungkinkan terjadinya hal-hal yang dialami oleh SW dan keluarganya.

apabila tingkat kemiskinan bisa berkurang, maka beban dan waktu orang tua untuk mencari nafkah bisa sedikit berkurang. sehingga alokasi waktu untuk mencurahkan kasih sayang dan perhatian ke buah hatinya dapat lebih banyak.

dan efeknya bisa kita perkirakan sendiri… kehidupan sosial buah hati akan semakin terkontrol dan semakin terarah.

2 thoughts on “curhat… video heboh balita merokok dan berkata jorok

  1. lingkungan memang racun (atau magnet) paling kuat untuk membentuk karakter seseorang🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s