sibuk untuk yang kedua kalinya…

alhamdulillah. setelah sekian lama di negeri sakura, saya bisa melanjutkan untuk memposting tulisan-tulisan saya yang sebenarnya tidaklah terlalu berarti bagi teman-teman. tetapi sangat berarti bagi saya, karena merupakan pelajaran dan pengalaman yang berharga untuk melanjutkan kehidupan yang saya alami dan nikmati ini.

sebenarnya saya ingin share tentag pengalaman saya selama di negeri sakura, tetapi setelah saya pikir-pikir, hanya sedikit pengalaman yang bisa saya share, yang bisa saya tumpahkan berupa tulisan-tulisan. selebihnya, jujur, saya tidak bisa melukiskan betapa sulitnya mengungkapkan hal itu dengan kata-kata. bilapun menggunakan foto, saya tidak punya koleksi foto-foto selama di jepang sana, dikarenakan baterai kamera saya drop… dan saya belum sempat meng-copy foto-foto dari teman seperjalananšŸ˜¦

garis besarnya sih, lebih enak di negara sendiri, indonesia, daripada di negara orang. bukan masalah makanan ataupun cuaca, tetapi lebih ke permasalahan budaya dan kehidupan sosial di sana. banyak sekali perbedaan budaya, yang katanya, sama-sama budaya dari timur. yang pastinya berbanding terbalik dengan budaya barat… tapi apa mau dikata, dirasa, dan dilihat… tidak ada perbedaan budaya timur dan barat di negeri sakura (menurut persepsi pribadi saya).

dan yang bisa saya ambil kesimpulan adalah faktor agama memegang peranan penuh terhadap kontrol diri kita untuk membentengi diri kita dari budaya-budaya yang tidak sesuai dengan tuntunan agama, terutama bagi saya seorang muslim. dan saya sangat-sangat bangga dan bersyukur atas anugerah ini… Alhamdulillah!!!

yah… ini hanya pendapat pribadi saya. bisa jadi pendapat saya dengan pendapat teman-teman yang sudah pernah ke jepang bisa berbeda. karena semua itu memang subyektif sekali dan dilihat dari karakter atau pembawaan diri seseorang.

Tinggalkan Balasan

