curhat… mengajari balita tidur sendiri

sejak hari minggu malam, kemarin, si kecil mulai diajari untuk tidur di kamarnya sendiri. menjelang usia-nya yang ke-2 bulan februari nanti, saya dan istri memang ingin membiasakan si kecil untuk tidur dan merasakan kamarnya sendiri.

memang sih, pertama kali meminta si kecil untuk pindah ke tempat tidur di kamarnya sendiri, lumayan susah. selalu saja si kecil mengelak dan meminta untuk tidur bersama di kamar ayahbunda-nya. eh… malah ayah-nya yang disuruh pergi🙂

“tidak mau… ayah pergi… adek mau bobok sini…”

dari informasi-informasi yang saya cari dan dapatkan, tidak disebutkan secara eksplisit batasan usia yang ditentukan ketika mengajari sang buah hati untuk mulai tidur sendiri. jadi kalau menurut saya, hal itu menjadi keputusan mutlak dari ayahbunda-nya masing-masing atau dengan kata lain, tega atau tidak tega melihat si kecil tidur sendiri. dan hal ini pun dialami oleh keluarga saya🙂

ketika si kecil masih berada di kamar ayahbunda-nya, saya dan istri selalu membujuk agar si kecil mau pindah ke kamar-nya sendiri. memang rada lama dan susah sih… tapi akhirnya si kecil berujar…“adek mau bobok…”

“adek pindah ke kamar-nya yah” kata istri…

eh si kecil bilang “… iya bunda”

langsung, segala persiapan dilakukan untuk me-ninabobo-kan si kecil… mulai dari buku cerita… boneka-boneka favorit-nya, ikut diboyong ke kamar-nya… sampai menambah karpet dan kasur lipat di seberang kasur si kecil, untuk berjaga-jaga kalau si kecil tidurnya terguling keluar kasurnya (memang saya dan istri mempersiapkan kamar si kecil tanpa dipan/tempat tidur… hanya berupa alas kasur dan kasur saja).

segera setelah persiapan selesai, begitu si kecil dibacakan buku cerita, dan dielus-elus ringan… mulai deh, mata yang terbuka lebar mulai menutup pelan-pelan… sampai akhir-nya suara hembusan nafas ringan mulai terdengar… tanda si kecil mulai tidur🙂

setelah itu, si kecil ditinggal sediri di kamarnya, dan saya dan istri pun pindah ke kamar utama.

eh… malah saya dan istri yang tidak bisa tidur. selalu membayangkan kalau si kecil rewel atau terbangun malam harinya… betapa kasihannya si kecil :(  jadinya, saya dan istri tidak tega meninggalkan si kecil sendirian di kamarnya. dan… setelah diskusi dan mencapai kata mufakat, saya dan istri bergantian untuk berjaga-jaga, kalau-kalau si kecil terbangun dan minta minum susu… atau kalau-kalau si kecil terguling keluar dari kasurnya🙂

tapi alhamdulillah… sampai si kecil terbangun pagi harinya, tidak terjadi apa-apa. lancar meski si kecil sempat terbangun untuk minta susu. tapi alhamdulillah si kecil tidak pernah meminta untuk pindah ke tempat tidur ayahbunda-nya.

2 thoughts on “curhat… mengajari balita tidur sendiri

Tinggalkan Balasan

