info… deteksi dini gejala anak autis

kali ini saya mencoba menyajikan artikel yang saya ambil dari http://www.ayahbunda.co.id, yang berkaitan dengan cara mendeteksi anak yang menderita autis. karena saya rasa hal ini sangat penting untuk diketahui, bukan hanya saya, tetapi juga untuk ayahbunda yang lainnya. silahkan dibaca.

Salah satu hal yang paling menakutkan bagi para ibu adalah jika anaknya terdiagnosis menderita autistik. Gejala apa saja yang menunjukkan anak terkena autistik?

Umumnya, anak dapat didiagnosis autistik setelah usia 3 tahun. Namun, gejalanya sudah mulai terlihat sebelumnya. Berikut beberapa cirinya:

  • Kontak mata terbatas
  • Kurang responsif dengan sekelilingnya
  • Tidak ada senyum sosial
  • Sensitif terhadap suara
  • Gerakan berulang yang tidak bermakna (membentur-benturkan kepala, bertepuk tangan, memainkan jari di depan mata, dan lainnya),
  • Ketertarikan yang tidak biasa pada objek tertentu

Sedangkan gejala hiperaktivitas akan lebih mudah diamati setelah anak mulai lancar berjalan. Misalnya sangat aktif bergerak, sering menabrak saat berjalan, atau terus-menerus ingin berjalan tanpa merasa lelah.

Walau begitu, sebaiknya tak perlu tergesa-gesa mengganggap anak mengalami gangguan autistik atau hiperaktif jika Anda menemukan beberapa gejala diatas menimpa pada anak Anda. Hal ini mengingat setiap anak memiliki ciri khusus yang seringkali berbeda dengan saudara kandung atau anak lain sebayanya.

sumber : http://www.ayahbunda.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s