ketika menambah partisi HDD di windows 7

seperti yang sudah diketahui secara umum, untuk windows vista dan windows 7, terdapat fasilitas untuk membagi hard disk menjadi beberapa partisi lagi. sesuai dengan jumlah free space yang masih ada di partisi awal. caranya simple dan cukup cepat. dan yan terpenting, anda tidak perlu melakukannya dengan cara memformat hard disk dan memulai instalasi baru.

cukup klik kanan pada icon my computer… pilih manage. kemudian akan muncul windows computer management.

kemudian pilih storage dan disk management.

nah… di disk management ini, anda bisa pilih drive yang masih mempunyai free space yang besar, dan kemudian klik kanan dan pilih shrink volume. ini akan membuat suatu partisi baru yang nominal volume partisi-nya akan disesuaikan dengan free space drive awalnya.

tetapi sebelum anda lakukan itu… coba defrag terlebih dahulu drive (partisi) awal anda. karena, meskipun anda memiliki free space yang besar, nantinya volume yang bisa dipakai untuk membuat partisi baru bisa jadi sangat kecil. dikarenakan penggunaan atau penyimpanan file-file yang sudah ada terkadang tidak terkelompok dalam satu block cluster. dan itulah yang membuat free space yang seharusnya besar, akan dibaca dan dijadikan volume partisi yang lebih kecil.

nah… setelah anda lakukan panambahan partisi baru, usahakan susunan drive letter tidak anda rubah. kalau sampai ada rubah… akan PC atau laptop anda tidak akan dapat booting dengan sempurna. inilah yag menimpa saya sampai 2 kali. yaitu ketika saya menambah partisi di laptop teman kantor dan laptop saya sendiri (setelah instalasi windows 7).

ketika saya merubah drive letter laptop teman kantor, saya belum mengetahui permasalahan ini. karena setelah saya merubah drive letter, laptop di shutdown dan tidak sempat untuk restart, berhubung waktu di kantor menunjukkan jam pulang🙂

dan ketika sampai rumah, saya juga mencoba menambah partisi dan merubah drive letter-nya. dan setelah saya restart… alhasil, booting mentok di black screen!!! setelah ditunggu sekian lama… ternyata hasilnya tetap black screen. inisiatif, langsung saya coba re-install lagi windows 7. dan tidak ada masalah lagi🙂

esok hari-nya, teman kantor datang dan menunjukkan laptop-nya yang black screen juga. dalam hati… waduh. ternyata benar dugaan saya🙂 berhubung laptop teman ada recovery manager-nya (produk dari HP), saya terbantu untuk mengatasi permasalahan ini. tinggal pilih option yang ditawarkan, pilih re-install windows plus driver yang ada… langsung beres dan tidak bermasalah sampai sekarang.

dan setelah saya cari informasi ke teman yang lain, memang benar adanya. kalau drive letter tidak dirubah, tidak akan muncul permasalahan ini. tapi kalau sampai dirubah… silahkan ditanggung hasilnya🙂

jadi, bagi anda yang mau mencoba manambah partisi HDD melalui disk management… coba anda pikir ulang untuk merubah drive letter-nya🙂

8 thoughts on “ketika menambah partisi HDD di windows 7

  1. saya sudah coba untuk menambahkan partisi tapi di akhir ada peringatan”disk already contains the maximum” padahan baru ada dua partisi yaitu C,D dan ditambah buat recovery, dan ada lagi yang namanya (OEM partition) jadi ada 4 partisi..
    gmana caranya supaya bisa ditambah partisi..??

    thanks
    Beni
    it@colorobbia.co.id

  2. kebetulan, HDD saya format abis. alias benar-benar seperti HDD baru yang kosong. sehingga partisi OEM juga hilang😦
    so, ketika saya partisi menjadi 3 bagian, tidak ada masalah.
    kalo mas beni mentok di dua partisi, bisa jadi recovery partition itu sudah dibaca sebagai suatu partisi aktif.
    karena di recovery partition itu, terdapat file-file penting untuk laptop kita.

    maaf, tapi saya hanya bisa memberikan wacana sebatas itu karena keterbatasan pengalaman saya🙂

  3. pak mau tanya kie.., setelah direcovery datanya ilang semua.., trus cuman ada satu partisi.., yaitu C yang berisi sistem,tuh gimana ya.., pusing.., pengenya dibalikin lagi seperti sebelumya ada drive C, D, E, F.., tapi kapasitasnya udah kepake yang C semua, gimana ya.., mohon bantuanya…,

  4. kalau recovery memang seperti itu bro. tergantung bentuk pengaturan recoverynya, jadi mirip seperti sistem CD ghost. cmiiw.
    untuk partisi, bisa pakai partition magic atau gparted. rekomendasi saya sih gparted, ini basednya linux, lebih aman karena tidak menganggu C:, hanya mengambil space dari C: dan dibuat partisi independen lagi.
    berdasar pengalaman saya, partition magic agak rewel kalau, misalnya kita format C: karena partition magic merupakan software yang perlu dijalankan di OS. kalau OS hilang, maka hasil partisinya bisa tidak terbaca lagi.

  5. pada saat menghidupkan laptop, tiba” layar laptop gelap dan hanya ada tanda “_” pada ujung sebelah kiri layar,
    saya langsung malakukan proses instal ulang windows dengan menggunakan flashdisk, setelah saya ganti boot menjadi flashdisk, proses instal ulang berjalan normal, setelah sampai diproses partisi hardisk saya melihat ada 3 buah partisi, yaitu:
    1.unallocated space berukuran 100 mb
    2.partisi c / system
    3.partisi d berukuran 240 gb, dinamic volume
    partisi” ini tidak bisa diapa”i, hanya partisi c atau system saja yang bisa diformat,
    setelah format saya langsung next di c, dan sampai proses instal ulang selesai, pada saat restart saya ganti boot ke harddisk dan saya cabut flashdisk, tiba-tiba setelah laptop restart layar kembali hitam dan hanya ada tanda “_” yang kadip” -_-.
    sebelumnya ada partisi yang bernama system reserved dilaptop berukuran 100mb, tetapi saya format dan saya ubah menjadi dinamyc drive,
    mohon solusinya!!!.

  6. Maaf, tapi apakah semua partisi itu bisa dihapus? Maksud saya, format saja HDD nya, maka semua partisi akan hilang.
    Anda bisa lakukan repartisi kembali.
    Resiko yang ada… Data anda akan hilang semua.

  7. gan ane baru nambah partisi
    sukses,tapi gabisa di hapus lagi..
    alhasil PC jadi sering hang
    gmana gan solusinya ?
    mohon bantuannya,sebelumnya PC saya aman2 aja,tapi setelah nambah partisi jadi sering hang😦
    mohon bantuannya

Tinggalkan Balasan

