proses install windows 7 di toshiba satellite A215 S7437

fyuhh… ternyata tidak serumit yang dibayangkan. bagaimana tidak… ketika saya memutuskan untuk upgrade windows vista home premium ke windows 7, banyak sekali beredar berita atau informasi yang mengatakan kalau proses instalasi windows 7 ke satellite a215 s7437 akan bermasalah di black screen dan reboot terus menerus (baca disini).

daripada ragu-ragu terus, akhirnya saya memberanikan diri untuk upgrade ke windows 7 ultimate. alasan saya sederhana… karena saya sudah punya cd backup recovery untuk windows vista home premium🙂

setelah backup data selesai, langsung cd instalasi windows 7 dimasukkan ke dvd drive. restart windows vista… dan proses booting dari cd pun dimulai.

nah… inilah bagian yang paling saya suka dari proses instalasi windows… pilihan untuk drive instalasi-nya dan pilihan untk membuat partisi drive baru! karena sebelumnya, drive yang ada di laptop saya hanya drive c. sehingga akan membutuhkan usaha yang cukup besar untuk mem-backup data sesering mungkin, untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan pada os-nya.

tanpa pikir panjang… langsung pilih format drive. dan pilih option new (untuk membuat drive/partisi baru). jadi saya pilih ada dua drive partisi, yaitu drive c (untuk instalasi os dan program program lainnya) dan drive d (untuk master program, driver dan data ). sehingga kalau ada permasalahan di os atau sistem-nya, saya tidak perlu mengkuatirkan keberadaan data yang saya miliki, karena semunya ada di drive d.

setelah pilihan drive selesai… langsung klik next untuk melakukan proses instalasi windows 7. ehmm… prosesnya cukup cepat, dan pastinya kurang dari 1 jam, proses instalasi sudah selesai.

nah… ini bagian yang membuat saya begitu deg-degan. yaitu proses reboot setelah setelah proses instalasi selesai.

ternyata… alhamdulillah. proses reboot berjalan lancar dan mulai masuk ke windows 7 untuk proses finalisasi. setelah selesai, langsung dilanjutkan ke proses customisasi atau instalasi driver hardware serta instalasi software pendukung lainnya. sebenarnya driver-driver bawaan windows 7 sudah cukup bagus. mungkin untuk display driver-nya saja yang perlu di-install. yang lain sudah cukup menggunakan driver bawaan windows 7.

alhasil… sekarang laptop saya sudah menggunakan windows 7. dan apabila saya bandingkan dengan windows vista… memang cukup terasa perbedaan waktu proses loading dan waktu shutdown-nya. kalau untuk grafis, tidak ada perbedaan dengan windows vista. cukup cantik dan lebih bagus daripada tampilan windows xp. mungkin memang benar informasi yang saya dengar, bahwa windows 7 ini adalah windows xp dengan tampilan windows vista🙂

so… bagi teman-teman yang mau melakukan instalasi windows 7, langsung saja. tidak usah ada keragu-raguan. karena untuk saya dan laptop saya, hal ini terbukti tidak ada permasalahan.

8 thoughts on “proses install windows 7 di toshiba satellite A215 S7437

  1. boss,jadi qt tinggal nginstal driver grafisnya aja y???
    yg lain pke driver bawaam aj gtu??
    pke win7 bajakan gpp kan boss?

  2. yup… itu yang saya lakukan. tapi lebih baik install drivers yang lain juga🙂 terutama update bios dan audio.

    gerakan scroll pada pads mouse tidak akan bisa dilakukan sebelum anda update windows 7 anda. nantinya akan otomatis terinstall driver sypnatics tools untuk mouse. dan semuanya akan berfungsi seperti kondisi win vista (bawaan preinstall)

    jadi tetap set automatic update. karena itu sangat membantu.

    bajakan atau tidak… itu terserah pada anda

  3. mas mau nanya. kl instal ulang windows gt. software2 bawaan yg dari toshiba nya ke hapus ga?soalnya cd bawaan nya ilang.hehe.ditunggu yah blsnnya.makasih

  4. setahu saya, kalau kita install ulang, kalau kita pilih new instalation denga drive yang sama, maka mau tidak mau drive itu harus diformat terlebih dulu. jadi, semua program dipastikan bersih alias hilang.
    kalau tidak diformat, maka akan terdapat dua instalasi windows, dimana keduanya aktif dalam satu drive (multi OS / dual boot).
    kecuali kalau kita memilih repair, maka tidak menghapus program yang sudah terinstall.

    sebenarnya kalau kita ada CD recovery-nya, itu sangat membantu. karena software bawaan notebooknya bisa ter-recovery juga.
    itu yang saya alami ketika membantu recovery notebook HP dv3 teman sekantor.

  5. maskud dari automatic update itu harus OL dulu ya baru bisa diinstall driver sypnatics tools untuk mouse?

  6. betul masbro. harus OL.
    nanti akan didownload driver sypnatics padnya. setelah itu update, dan restart (untuk lebih baiknya). dijamin, kita bakal bisa scrol up down dengan padnya.

  7. ok, terima kasih bnyk, saya udah ganti dari xp ke window 7, terima kasih atas sharingnya. akhirnya laptop saya maksimal lagi pemakaiannya! tombol utility udah lengkap, tombol-tombol hitam di atas bisa berfungsi lagi. ok deh terima kasih.

Tinggalkan Balasan

