curhat… efek rasa pedas terhadap tubuh

ternyata tidak hanya coklat yang bisa melangsingkan tubuh, masakan atau makanan yang pedas pun bisa melangsingkan tubuh kita. sebenarnya bukan masakan pedasnya yang dapat membuat badan menjadi langsing, tetapi bahan pembuat pedaslah yang memegang kuncinya… yaitu cabai.

nah… kira-kira kenapa cabai itu bisa menyebabkan tubuh menjadi langsing??? apa gara-gara terlalu banyak makan cabai terus berefek ke pencernaan sehingga kita menjadi sakit dan efek terakhirnya menjadi langsing???

tentunya tidak seperti itu harapannya. bagi sebagian orang, cabai seakan-akan menjadi musuh, karena gangguan pencernaan yang mungkin ditimbulkannya. itupun kalau jumlah yang dikonsumsi berlebihan atau kondisi pencernaan tubuhnya yang rentan terhadap cabai ini.

oke… mari kita bahas kenapa cabai dapat membuat badan menjadi langsing.

hal ini dimungkinkan karena terdapat senyawa bioaktif yang disebut capsaicin yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. mungkin hal yang paling mudah dimengerti adalah keluarnya keringat ketika kita mengkonsumsi cabai atau masakan olahannya. tidak hanya itu, cabai ternyata dapat membuat rasa kenyang dan meminimalisir keinginan untuk mengkonsumsi makanan selanjutnya.

efek dari capsaicinini sudah dibuktikan melalui penelitian yang ada. disebutkan bahwa 30 mg capsaicin akan memicu penambahan metabolisme tubuh sampai 23%. meski untuk sementara waktu, lumayanlah buat memacu metabolisme tubuh kan???🙂

tapi yang perlu diingat adalah kalau mengkonsumsi cabai atau olahannya, yaitu masakan pedas, perlu diperhatikan proses mengunyahnya. terutama bagi yang mempunyai permasalahan di pencernaan tubuhnya.

so… tetap semangat. mari kita berusaha untuk membuat hidup ini semakin sehat🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s