curhat… berapa lama waktu tidur anak balita

dua hari ini, si kecilku yang cantik susah banget kalau diminta tidur siang. tidak tahu kenapa, tetapi yang jelas kalau sudah berada di tempat tidur, bawaannya pasti ingin turun dan keluar kamar. kalau dipaksa atau diangkat lagi ke tempat tidur, pasti marah-marah.

padahal dari apa yang saya baca, waktu tidur balita minimal 12-14 jam per hari. lah kalau siangnya tidak tidur… sudah begitu, si kecilku ini bangun di pagi hari sekitar jam 04.00 – 05.00. malamnya tidur sekitar 18.30-19.00. so… sudah bisa dihitung, tanpa tidur siang, waktu tidurnya si kecilku ini kurang dari 12 jam.

nah, kira-kira efek negatif yang bisa ditimbulkan karena kurangnya waktu tidur ketika balita itu apa sih???

dari informasi-informasi yang saya terima… dengan waktu tidur yang mencukupi,proses pertumbuhan anak akan optimal. dikarenakan dalam kondisi tidur, di dalam tubuh akan terjadi proses pengeluaran hormon pertumbuhan. kalau proses ini terganggu, maka proses pertumbuhan si kecil juga akan terganggu… dan gangguan yang ditimbulkan tidaklah bisa dianggap remeh, yaitu terhambatnya proses pembentukkan sistem kekebalan tubuh sampai daya ingat.

syerem kan???

2 thoughts on “curhat… berapa lama waktu tidur anak balita

  1. balita kurang tidur??? bisa jadi perutnya lapar. beragam latihan ototnya pada saat balita harus tidur, mungkin cara dia agar tidak merasa lapar. gendhuk 1 minggu saat bisa jalan pertama kalinya (1th), mulai tidak suka tidur siang. tapi sebagai si mbok-nya, saya paksa diri bercapai-capai memberi dia camilan, buah segar, susu, apa pun yang membuat dia kenyang dan mengantuk. manjur! hingga sekarang 2(th). belum tahu besarnya nanti, apakah cara ini masih efektif. insya Alloh, pasti masih memungkinkan.

  2. nice share bu…
    saya yakin tiap balita punya keunikannya masing-masing.
    seperti anak saya ini… kebetulan pernah divonis oleh DSA dan sudah konfirmasi ke dokter bedah anak… mengalami penyempitan usus besar, yang mungkin perkembangan tubuhnya memang belum sempurna. jadi tiap ada makanan/minuman yang masuk dalam jumlah berlebih… pasti akan dikeluarkan dengan “suksesnya”.
    jadinya mau tidak mau, saya dan istri melakukan “trial dan error” untuk menentukan jumlah asupan yang masuk ke tubuhnya. tapi seiring perkembangan tubuhnya… semenjak usia 2 tahun sampai sekarang (3 tahun 5 bulan)… hal itu tidak menjadi masalah lagi🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s