curhat… cerita perjalanan (part2-habis)

mencoba melanjutkan cerita perjalanan part 1 yah…

minggu pagi, ketika saya terbangun pukul 03.30an atau lebih tepatnya dibangunkan🙂 ternyata saudara-saudara dari jauh sudah berada di rumah. kapan datangnya yah??? yah itu tidak penting banget sih, yang pentig semuanya hadir untuk memberikan dukungan dan doa kepada bapak ibu dalam perjalanan pergi haji ini.

ketika semua persiapan sudah selesai, pukul 05.15an semuanya keluar ke halaman rumah dan bersama-sama mendengarkan sepatah dua patah kata dari bapak dan ibu. setelah selesai acara sambutan, dilanjutkan dengan prosesi “pamitan”… ini yang membuat sebagian yang hadir meneteskan air mata. entah itu karena sedih atau bahagia… yang jelas, saya sendiri “hampir” meneteskan air mata🙂 benar-benar tidak tahan dengan suasana haru yang muncul saat itu.

setelah semua prosesi acara di rumah selesai, langsung rombongan pengantar dibagi menjadi 5 mobil dengan bapak ibu dipisah dimasing-masing mobil.

perjalanan ke pendopo kabupaten relatif lancar dan aman… mungkin karena hari minggu pagi. tapi begitu masuk ke dalam kota… arus lalu lintas mulai berubah ramai lancar… terlebih mendekati area alun-alun kota… arus kendaraan mulai menumpuk dan padat merayap. nah… ketika sudah berada di dalam kompleks alun-alun, kendaraan pengantar dan kendaraan yang mengangkut calon jamaah haji dipisah!!! nah loh… karuan dari lima mobil yang berangkat dari rumah, hanya 2 mobil yang boleh masuk sampai depan pendopo… yang lain dibuang!!!

mungkin ini memang strategi dari pihak kepolisian agar lalu lintas kendaraan yang ada tidak mengganggu proses keberangkatan bus jamaah haji menuju embarkasi di surabaya. it’s oke lah… cuma saya kasihan ke saudara-saudara yang ada di mobil yag dibuang itu… lah niatan mau mengantar keberangkatan bapak dan ibu, malah jadinya jauh dari pendopo.

setelah sampai di halaman pendopo, bapak dan ibu dicek identitas calon jamaah haji… begitu juga saya dan kakak plus kakak ipar dicek identitas pengantar. begitu selesai urusan cek dan riceknya… baru kita diperbolehkan masuk ke dalam pendopo untuk mengikuti prosesi acara pelepasan calon jamaah haji oleh bapak bupati dan jajaran petinggi di kota tercinta ini.🙂

yah.. lumayan lama sih… sampai – sampai tangan ini gatal karena dipasrahi kamera oleh kakak. jadi deh photographer dadakan yang sok jago😀

setelah selesai acara sambutan dan pelepasan… seluruh calon jamaah haji naik ke bus masing-masing… dan pengantar yang sebelumnya berada disekitar pendopo, bergerak menuju parkir bus calon jamaah haji. disitulah, kami semua melepas kepergian orang-orang tercinta untuk menunaikan rukun islam yang terakhir…

selamat jalan bapak dan ibu… doa kami disini mengiringi keberangkatan bapak dan ibu… semoga selalu dalam ridho dan lindungan Allah SWT dari awal perjalanan sampai akhir perjalanan hingga pulang kembali dan berkumpul bersama-sama keluarga di rumah.

semoga menjadi haji yang mabrur dan dapat memberikan hal yang positif dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar… amin ya rabbal alamin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s