curhat… pertumbuhan tinggi badan pada balita

kalau dilihat dengan seksama, penambahan tinggi badan si kecil terlihat rata-rata air saja alias standar. tidak terlalu signifikan dan tidak terlalu lambat. secara, tinggi badan ayah-nya ini sekitar 173cm, sedang tinggi bunda-nya mencapai 158cm. so secara teori pun, memang perkiraan tinggi badan si kecil sekitar 160cm.

nah, faktor apa saja sih yang mempengaruhi tinggi badan si kecil???balik lagi, secara teori, ada 2 faktor utama yaitu faktor internal dan faktor eksternal🙂

faktor internal

sifat genetis ayahbunda dapat dipastikan akan menurun ke sifat genetis anak. entah itu merupakan kombinasi dari ayahbunda-nyam ataupun didominasi oleh sifat genetis dari salah satu-nya.

selain itu, hormon pertumbuhan yang dimiliki oleh anak, akan sangat berperan langsung terhadap pola tumbuh kembang anak. dengan tercukupinya hormon pertumbuhan yang dimiliki anak, maka akan semakin optimal pertumbuhannya sesuai dengan potensi genetis yang dimilikinya.

faktor eksternal

faktor gizi. semakin tinggi gizi yang diasup oleh anak, maka akan semakin baik pula pola tumbuh kembang yang dimilikinya. gizi-gizi penting, seperti protein, lemak, mineral (terutama zat besi dan kalsium) dan vitamin (terutama vitamin A dan D) akan membantu proses pertumbuhan anak hingga mencapai optimal.

aktivitas fisik dan kondisi sosiopsikologis. aktivitas fisik anak, dapat menambah atau mempercepat laju penambahan tinggi badan. hormon pertumbuhan yang mempengaruhi pusat pertambahan panjang pada tulang akan lebih banyak dihasilkan jika anak bergiat secara fisik, misalnya berlarian ataupun berenang.

demikian juga jika anak bisa tidur lebih nyenyak. uniknya, dari sejumlah penelitian tersimpulkan bahwa anak-anak yang dibesarkan dalam keluarga yang hangat dan penuh kasih sayang ternyata mampu mancapai potensi TB maksimumnya. sebaliknya, anak-anak yang tertekan dan kurang mendapatkan perhatian, potensi TB-nya tidak tercapai secara optimum.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s