curhat… bila si kecil terpisah di tempat umum

kemarin malam, ketika belanja untuk keperluan lebaran di mall dekat rumah, ane melihat ada seorang anak dengan usia ± 4tahun sedang menangis ketakutan dan kebetulan di gandeng oleh pihak keamanan. yang terlintas di pikiran adalah… “masa anak sekecil itu sudah mencuri sih??? nggak mungkin ah…! paling-paling anak ini terpisah dengan orangtuanya.”

benar saja. tidak lama kemudian terdengar pengumuman tentang anak hilang. dan sampai ane dan istri beranjak dari tempat itu, si orangtua anak masih belum kelihatan. aduh… kasihan euy. nggak bisa dibayangkan bila itu terjadi pada buah hati ane. bakal menyesal deh kalau terjadi sesuatu.😦

nah sekarang, bagaimana caranya agar kejadian-kejadian yang seperti itu tidak terjadi pada kita. berikut tips  sederhana namun bermanfaat sekali bila dipraktekkan oleh para ayahbunda sekalian. tips ini disadur dan diringkas dari kompas.com edisi 30 agustus 2009. monggo dibaca…

  • bekali si kecil dengan nomor HP ayahbunda-nya. dan pastikan si kecil menyimpan nomor itu di tempat yang mudah diingat, mudah dilihat dan aman. apabila si kecil terpisah dengan ayahbunda, akan memudahkan orang lain untuk menghubungi ayahbunda sekalian.
  • ajarkan si kecil untuk mencari ibu-ibu bila memerlukan bantuan. alasannya adalah ibu-ibu mudah ditemukan dan tidak segan-segan untuk membantu.
  • pilih pakaian yang dikenakan si kecil dengan warna yang “ngejreng” atau mencolok. sehingga akan mudah dilihat dan akan menarik perhatian.
  • ayahbunda hendaknya membawa foto terbaru dari si kecil.
  • ingatkan si kecil untuk tidak berjauhan denga ayahbunda. kondisi ini dapat dilatih setiap saat bila mengajaknya bepergian ke tempat umum.
  • bila si kecil hilang, segera hubungi pegawai toko, satpam, atau pengelola gedung. bila curiga si kecil dalam bahaya, segera hubungi polisi.
  • jangan memarahi si kecil bila mereka sempat hilang. karena hal tersebut dapat membekas di dalam dirinya dan bisa menjadi pengalaman traumatis, baik bagi si kecil maupun ayahbunda-nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s