curhat… menambah berat badan balita

akhirnya… usaha ane dan istri untuk mengembalikan berat badan si kecil ke berat semula, mulai menampakkan hasil. dari berat 10.7kg… secara perlahan berat si kecil mulai menyentuh angka 11.5kg per tanggal 4 september 2009. alhamdulillah.

kometar dari para tetangga juga sama. sudah mulai kelihatan gemuk. terlihat bentuk pipi dan leher yang semakin mblenduk dan mulai aktif bertingkah.🙂 yah… dibandingkan sebelumnya yang cuma 10.7kg. pipi yang dulunya tembem, menghilang. perut yang dulunya gendut… ikutan kempes. paha dan pantat yang dulunya montok… lenyap🙂 sekarang… mulai kembali ke bentuk semula😀 sukses besar!!!

tapi kalau ane dan terutama istri, karena istri yang berperan besar untuk urusan kesehatan si kecil, ditanyain… bagaimana bisa gemuk (seperti postingan ane terdahulu)??? wah… tidak mudah menjawabnya.

mungkin ketelatenan istri dalam memberi asupan gizi ke anak-lah yang harus diapresiasi. kalau ane lihat, begitu tekun begitu sabar dalam menghadapi kerewelan si kecil ketika menolak makanan atau susu yag diberi oleh istri.

memang sih, selain ketelatenan istri, saran dari DSA untuk memberi makanan yang berprotein hewani dan penambahan frekuensi makan dan minum kepada si kecil, juga ikut andil.bayangkan saja, hampir tiap 2jam sekali, si kecil pasti makan meski berupa bubur saring. minum susu formula juga sama. hampir tiap 4jam sekali, pasti diberi oleh istri dengan volume 60cc.

hal itu memang sesuai saran lanjutan dari DSA untuk proses recovery si kecil. pemberian protein hewani tentu akan menambah massa otot dan energi untuk si kecil. pemberian susu formula dengan frekuensi yang sering, diharapkan akan menambah suplai tenaga si kecil ketika beraktifitas. dan hal itu terbukti!!!tetapi dua hal itu akan terbuang percuma kalau istri ane tidak telaten dalam menghadapi si kecil.

mmm… I LOVE YOU FULL!!!

2 thoughts on “curhat… menambah berat badan balita

  1. gan ane py anak umur 18 bulan bb 9,2 an.tapi cz tinggi ane kurang tahu gan….ane mau konsul cz bb yang idealnya di umur 18 bulan berapa?

  2. cara paling mudah untuk mengetahui BB ideal berdasar umur anak… agan bisa lihat di buku imunisasi, yang ada grafik pertumbuhan anak, dari usia 0 – 2tahun. dari situ bisa ketahuan gan… kebetulan kalau dari RS hermina… ane dapat bukunya.

Tinggalkan Balasan

