curhat… membentuk pola makan yang sehat

baru saja posting tentang hobi baru si kecil tentang online, eh… ane malah nemu artikel tentang proses pembentukan pola makan yang sehat buat si kecil.

setelah dibaca-dibaca dan direnungkan, apa iya…??? apa bener…??? bingung deh.

maksudnya, apa iya cara ane dan istri membentuk pola makan si kecil itu kurang bagus… kurang sesuai??? terus,  cara ane dan istri untuk membujuk si kecil biar mau makan, apa bisa dikategorikan salah???

dari artikel yang ane baca itu (www.kompas.com edisi selasa, 4 agustus 2009), disebutkan kalau pola makan atau kebiasaan makan sesorang terbentuk dari kecil. dan itu sangat dipengaruhi oleh pola asuh dan contoh yang dilihat oleh si kecil. baik itu cara makan maupun apa yang akan dimakan, dalam artian kandungan gizi dan tingkat kebersihan makanan yang diberikan.

berikut ini beberapa sikap yang perlu dilakukan untuk membentuk pola makan si kecil yang sehat dan teratur.

  • mulai sedini mungkin. penting untuk mengenalkan ragam jenis makanan sehat sejak dini untuk anak-anak. jika mereka terus terekspos makanan sehat sejak dini, mereka akan terus memasukkan menu makanan sehat tersebut setiap kali mereka makan.
  • jangan menyerah jika anak menolak makanan. tawarkan makanan sehat sesering mungkin kepada anak, meski ia menolak. dengan begini mereka akan tertarik untuk mencoba memakannya.
  • matikan televisi. sebuah studi mengatakan bahwa anak-anak yang makan di depan televisi tanpa ditemani keluarga cenderung tidak mengkonsumsi makanan sehat, yaitu tidak mengkonsumsi sayuran, biji-bijian, maupun makanan kaya kalsium, dan kemungkinan mengkonsumsi minuman bersoda. sedangkan anak-anak yang tidak makan sambil menonton televisi akan cenderung sebaliknya.
  • lakukan apa yang anda ajarkan. anak-anak sangat memperhatikan dan mencontoh orang dewasa, khususnya orangtua mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s