curhat… musik sebagai stimulus perkembangan otak balita

sekarang si kecil punya hobi baru… yaitu ONLINE!!! muantebs deh.🙂

bukan online dalam artian nge-net yah… tapi lihat dan dengar lagu ONLINE-nya saykoji. haduh!!! nge-fans nih kayaknya sama saykoji🙂 begitu dengar… langsung deh, kaki tangan sampai badan ikut bergoyang gak karuan. bener-bener deh… lutju bangets!!!

awalnya sih, hanya untuk pengalih perhatian si kecil ketika makan. tapi kok lama-lama si kecil suka sama lagu itu. apalagi kalau mau tidur, dan kebetulan di TV ada iklan provider selular… langsung si kecil melotot ke TV dan teriak…”onyen… onyen…”😀

nah sebenarnya, bagus atau tidak sih kondisi seperti ini. karena dari yang ane baca dan ketahui, memang perlu untuk mendidik si kecil mengenal musik sejak dini. tetapi, dari berbagai macam artikel yang ane tahu… semuanya merujuk ke arah musik klasik. baik itu dari musik yang diperdengarkan maupun alat musik yang digunakan.

pengenalan musik sejak dini,akan membantu menstimulus perkembangan otak si kecil menjadi lebih baik. hal ini dibuktikan dengan penelitian yang pernah dilakukan di kanada, bahwa kecerdasan anak yang belajar musik lebih berkembang daripada anak yang tidak belajar musik.

selain itu, penelitian ini menyatakan bahwa otak anak yang melatih kemampuan bermusik dapat merespons musik dengan cara yang berbeda ketimbang yang tak berlatih. terlebih lagi, anak yang berlatih musik juga memiliki kapasitas memori lebih baik.

nah.. itu kalau musik dan instrumen yang diperkenalkan termasuk dalam kategori musik klasik. lha ini… si kecil malah sukanya musik hip hop rap gini… mantaps kan…🙂

ah… kalau ane pribadi sih, nggak terlalu ambil pusing. yang penting si kecil menunjukkan minat pada musik, meski baru level mendengarkan. nanti kalau sudah bisa diarahkan… baru si kecil diperkenalkan dengan alat musik. dan semoga bisa melatih atau menjadi stimulus perkembangan otak si kecil menjadi labih baik… amien!!!

3 thoughts on “curhat… musik sebagai stimulus perkembangan otak balita

  1. Ping-balik: Online Online « Ini Bener Blog-nya Ihsan Kusasi?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s