curhat… memunculkan sifat mandiri pada anak

senang rasanya melihat si kecil mulai aktif dan ingin dilibatkan dalam kegiatan sehari-hari di rumah. contoh paling gampang adalah menyapu lantai. kalau sudah melihat bunda atau ayah-nya memegang sapu, si kecil bukannya minggir, yang ada malah ikut memegang sapunya. haduh!!! akhirnya malah “ngrecoki” deh🙂

tapi kalau melihat tingkahnya si kecil seperti itu, ane malah senang. bisa jadi itu merupakan proses tumbuh kembang si kecil untuk belajar mandiri. dari hanya sekedar melihat, ternyata si kecil mampu merekam segala sesuatunya dan mencoba mempraktekkannya.

kondisi mandiri inilah yang sekeluarga harapkan. karena tidak sia-sia usaha ane dan istri untuk membiasakan si kecil mandiri.

tips sederhana yang dapat dilakukan adalah jangan membiasakan si kecil dituruti semua keinginannya, kecuali kalau memang sudah tidak bisa dihindari.

seperti misalnya, jangan membiasakan si kecil di gendong, kecuali kalau memang si kecil sudah capek berjalan. karena ternyata kebiasaan digendong inilah yang membuat si kecil malas untuk beraktifitas.

dengan membiasakan si kecil untuk aktif, maka otak kiri dan kanan-nya akan berkembang dengan semestinya. dan hal ini akan memunculkan sifat kemandirian dari si kecil.

apa yang sudah ane tulis, itu semua dari apa yang sekeluarga alami dan coba ane share lewat postingan ini. semoga membantu🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s