curhat… membiasakan cuci kaki dan tangan

dari awal si kecil hadir di dunia ini, alhamdulillah bunda-nya selalu memperhatikan tetek bengek tentang si kecil. sampai ke hal terkecil sekalipun. mungkin memang naluri sebagai bunda yang membuat istri ane menjadi seperti itu.

salah satu hal yang seringnya luput dari ane adalah, kebiasaan untuk cuci kaki dan tangan setelah sampai rumah. begitu sampai rumah, yang terpikir hanya si kecil… si kecil… dan si kecil. ane kangen berat setelah kerja seharian. ane pikir wajar saja sih, karena ane tidak ingin melewatkan setiap proses perkembangan si kecil.

cuma, ya itu tadi, seringnya setelah sampai, kendaraan diparkir, langsung ingin pegang si kecil. spontan bunda-nya marah-marah… “cuci kaki dan tangan dulu!!! kebiasaan banget sih ayah!!! memang tangan ayah sudah bersih apa!!! sekalian tuh kakinya!!!” yah… akhirnya ane cuman bisa senyum kecut dan bergumam… “kenapa sih harus cuci kaki tangan dulu, memangnya mau tidur???”🙂

setelah ane baca-baca artikel kesehatan, ane akhirnya sadar. bahwa kebiasan cuci kaki dan tangan itu bisa menyelamatkan nyawa dengan mencegah penyakit. dan kenyataan yang lainnya menyebutkan bahwa kebiasaan cuci tangan dengan baik dapat mencegah masuknya sepuluh jenis penyakit diantaranya diare, kolera dan ISPA. dan artikel dalam British Medical Journal, 51 penelitian yang dilakukan di inggris menunjukan cuci tangan lebih efektif dibanding obat dan vaksin untuk menghentikan flu.

karena tangan yang terlihat bersih ternyata belum tentu steril. dampaknya, hampir sama dengan tangan yang kotor bisa menjadi sumber beberapa penyakit yang dapat menyebabkan kematian pada anak seperti diare dan infeksi saluran pernafasan akut (ISPA). hasil penelitian badan kesehatan dunia (WHO) menunjukan sekitar 1,8 juta orang meninggal karena diare.

nah, disinilah peran bunda sangat penting dalam kesehatan keluarga. karena bunda adalah pihak yang terlibat langsung dalam menyediakan makanan, mengasuh anak dan penerapan perilaku sehat lainnya, maka peranan bunda sangatlah vital dalam hal ini.

so… tetap semangat bunda!!! i love u!!!

One thought on “curhat… membiasakan cuci kaki dan tangan

  1. Ping-balik: curhat… tips mencuci tangan « diviarsa's blog

Tinggalkan Balasan

