curhat… bila balita mulai merasa takut

semenjak kejedot meja, gara-gara jalan tapi nggak lihat kiri atau kanan-nya, jidat si kecil jadi benjol gedhe. kasihan juga lihatnya. tapi mau diapain lagi. sudah kejadian. :))

tapi yang herannya, si kecil jadi takut untuk berbuat apa-apa. didekati sama kucing takut, megang semut saja seringnya takut. tapi kalau melihat dari jauh… jagoan deh. apa saja pasti ditunjuk-tunjuk, sambil teriak… “tuh… tuh…”. bingung juga sih. apa ini efek kejedot??? ah pastinya nggak deh. trus apa ini tahapan tumbuh kembang si kecil. yang memang belajar untuk mengenal rasa takut, belajar mengenali kejadian di sekitarnya???

dari informasi yang ada, memang wajar kalau si kecil takut pada sesuatu hal yang baru, entah itu orang, binatang, benda… atau lingkungan. karena rasa takut yang muncul itu katanya adalah sifat alami yang merupakan awal dari proteksi diri manusia yang dimiliki dari lahir. dengan rasa takut yang dimilikinya, kita bisa melindungi diri dari berbagai hal yang akan berpotensi membahayakan dirinya dan lingkungan sekitarnya.

nah, bagaimana kalau si kecil mulai menunjukkan hal-hal seperti itu??? ini yang perlu diperhatikan dan diwaspadai. apalagi, kalau si kecil selalu merasa ketakutan, yang diekspresikan dengan menangis, menjerit bahkan sampai berteriak.

kita sebagai ayahbunda-nya harus bisa memberi pengertian kepada si kecil tentang mengatasi rasa takutnya. karena sumber rasa takut itu cukup bervariasi, maka perlu dicari tahu sumber dari segala sumber rasa takut yang muncul pada si kecil.

bisa jadi itu akibat perbuatan ayahbunda-nya juga, yang sengaja menakut-nakuti si kecil supaya mengerti larangan ayahbunda-nya. supaya tidak terjadi apa-apa terhadap kondisi si kecil. akan tetapi, tanpa disadari efek psikologis terhadap mental si kecil. so… bertindak bijaksana-lah bila akan melarang si kecil bermain di ruangan atau di luar rumah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s