curhat… pemberian suplemen vitamin buat anak

sesuai postingan sebelumnya (baca disini), apakah suplemen itu penting buat si kecil atau tidak. karena banyak permasalahan berat badan yang kurang atau tinggi badan yang tidak sesuai, langsung di-judge ke pemberian suplemen atau vitamin kepada anak sebagai solusi instantnya. padahal perlu dilihat lagi pokok permasalahannya. apa benar kurang gizi vitamin??? atau ayahbunda-nya yang tidak kurang bisa memahami karakter anak-nya??? atau memang ada bakat keturunan dari ayahbunda-nya sendiri🙂

nah… memang benar apabila tubuh kekurangan asupan vitamin, akan membuat metabolisme tubuh tidak bekerja sebagaimana mestinya. bila hal ini terjadi kepada si kecil, kekurangan vitamin menyebabkan pertumbuhan mereka terganggu.

tapi hati-hati yah… be careful. jangan sampai hal ini jadi pembenaran buat ayahbunda sekalian untuk pemberian suplemen vitamin ke si kecil. memang ada beberapa vitamin tidak bisa diproduksi oleh tubuh, kecuali vitamin K. tapi bila asupan gizi dari makanan dan minuman-nya sudah mencukupi kebutuhan gizi sehari-harinya, seharusnya pemberian suplemen atau vitamin bisa dihindari.

tapi kelebihan asupan vitamin pun bukannya tak beresiko bagi kesehatan. ini yang perlu diketahui.

  • kelebihan vitamin yang larut air, seperti vitamin C, biotin, thiamin (B1), riboflavin (B2), niacin (B3), asam pantotenat (B5), pyridoxine (B6), asam folat (B9) dan cobalamin (B12) , memang akan dibuang melalui urine. tapi… ini hanya membuat ginjal bekerja lebih keras.
  • kelebihan vitamin yang larut lemak (vitamin A, D, E, K) akan disimpan dalam jaringan lemak tubuh dan hati. nah… pertambahan vitamin ini secara terus menerus, akan merubah vitamin ini menjadi racun bagi tubuh.

selain itu, aktifitas si kecil juga perlu diperhatikan. kalau memang dengan asupan gizi dan vitamin yang sudah sesuai dengan kebutuhan-nya, tetapi aktifitas si kecil memang heboh… super duper aktif-nya… ya wajar kalau si kecil beratnya terkesan tidak bertambah. lha wong semua keluar jadi tenaga dan keringat. yo wajar saja toh???🙂

dan bisa jadi jingle iklan “tumbuh tuh ke atas… nggak ke samping”, berlaku buat si kecil anda🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s