curhat… larangan balita menonton tv

perhatian! dilarang membiasakan balita menonton tv – cd – dvd!!!

dari penelitian yang dipublikasikan Journal of Pediatrics, terbukti bahwa membiarkan balita menonton tv – cd – dvd setiap 4 jam sekali akan mengurangi kemampuan balita usia (8 – 16 bulan) memahami 6 – 8 kata, dibandingkan dengan balita yang tidak menonton.

karena balita dengan rentang usia 8-16 bulan, akan mengalami perkembangan otak yang sangat pesat dan sensitif, maka sangatlah penting membiasakan si kecil berkembang dengan stimulasi alami dan interaktif yang dialami-nya setiap hari. sehingga respon dari si kecil terhadap kondisi sekitar-nya lah yang sangat membantu perkembangan kemampuan otak-nya.

nah… hal ini hanya bisa dilakukan oleh ayahbunda-nya dan lingkungan sekitar-nya, bukan oleh tv yang cuma bisa menyediakan tayangan monoton.

pernyataan yang dikemukakan seorang DSA dari AS, Kelly Ross, MD, juga mendukung hasil penelitian ini. “bayi belajar melalui gerakan dan eksplorasi langsung, bukan lewat pengamatan pasif. “

sedangkan Samantha Maplethorpe, MD, dokter keluarga dari AS juga menyatakan “tv sebetulnya tidak memberikan keuntungan apa pun dan malah mencuri waktu belajar.”

tapi hal ini tidak mutlak loh. dalam rentang waktu yang sebaiknya ayahbunda batasi, si kecil masih boleh untuk menonton tv dan teman-temannya. tetapi ingat, dengan waktu yang dibatasi dan arahan dari ayahbunda-nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s