curhat… toilet training buat balita cewek

ternyata mengajari si kecil pipis ato pup di toilet tuh susah-susah gampang. kadang mau… kadang juga nggak. yah, maklum sih. namanya juga masih kecil🙂

ternyata ada trik atawa tips yang perlu dilakukan ketika melatih si kecil pipis atawa pup di toilet. ni khusus buat balita cewek yah🙂

  1. siapkan perlengkapan latihan. pakailah tambahan toilet training khusus buat si kecil, yang diletakkan di atas toilet  dewasa, dan pijakan kaki buat si kecil. ini dilakukan biar otot-otot panggul si kecil rileks.
  2. atur posisi duduknya. usahakan posisi pantat si kecil pas di area tengah toilet training-nya. ini dilakukan supaya cipratan pipis ato pup-nya. dengan membuka kaki atawa lutunya, akan membuat posisi duduk si ekcil lebih nyaman dan membantu lebih merilekskan otot-otot panggul-nya.
  3. alihkan perhatian si kecil. usahakan si kecil tetep menikmati kondisi ini. bisa dengan meletakkan mainan di dekat si kecil atawa mengajak si kecil bermain.
  4. ajarkan si kecil membersihkan alat kelaminnya. ayah ato bunda perlu melakukannya lebih dahulu dengan cara membersihkan (menepuk-nepuk) alat kelaminnya dari arah depan ke arah belakang.. hal ini dilakukan biar si kecil bisa menirukannya.

2 thoughts on “curhat… toilet training buat balita cewek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s