curhat… obat tetes mata dapat menyebabkan kebutaan

secara nggak sadar, ketergantungan pemakaian obat tetes mata terutama bagi yang habis berpergian, ternyata cukup tinggi. begitu ngelihat cermin, trus lihat matanya merah atawa perih, langsung aja ditetesi obat tetes mata, dengan harapan biar cepet kembali seperti semula.

nah… kalo mo dihitung-hitung, terutama bagi para bikers, dalam sehari, berapa kali naik motor??? berapa lama naik motor??? kondisi jalan yang berdebu… asap kendaraan lain yang bisa bikin mata perih??? lha kalo tiap kali nyampe tempat tujuan, trus pake obat tetes mata… berapa kali tuh mata kena obat???

dari informasi yang ane baca, ternyata penggunaan tetes mata yang nggak sesuai aturan, itu dapat menyebabkan komplikasi mata dan akhirnya dapat menyebabkan kerusakan fungsi mata secara permanen. en kasus terbanyakterjadi pada anak-anak termasuk generasi muda di bawah 20 tahun.

apalagi obat tetes mata yang beredar, ditengarai juga banyak yang mengandung beberapa bahan berbahaya seperti steroid, dexametason, betametason, dan bahan antialergi lainnya. serem!!!

efek dari bahan-bahan berbahaya ini , terutama steroid, akibat pemakaian yang nggak sesuai aturan akan menyebabkan glaucoma permanen yang tidak dapat dipulihkan. selain itu, obat tetes mata ini juga dapat menyebabkan kulit kelopak mata menjadi atropi, tukak lambing, insomnia, ptosis, kerusakan kornea, retardasi mental serta psikosis.

so… kalo memang mo pakai obat tetes mata, dipersilahkan aja. kalo terpaksa beli obat yang dijual bebas, harus lebih berhati-hati dan pemakaiannya harus sesuai dengan aturan yang tertulis di kemasan obatnya. kalo dengan resep dokter, ya… pastinya disesuaikan dengan resep dokternya aja.

tapi tetep harus waspada yah…

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s