curhat… jangan anggap remeh kesemutan

tiap kali duduk bersila ato kaki ditekuk dalam waktu yang cukup lama, seringkali kaki ni jadi kesemutan. gak ngerti kenapa??? padahal kalo dibilang, olahraga cukup… istirahat cukup… makanan sehat… mmhhh kalo yang ni relatif yahšŸ™‚

eh… pas kemarin browsing, dapat informasi yang sangat membantu buat mengatasi kesemutan ini.

katanya sih, kesemutan dalam batas-batas tertentu dapat dinilai normal. nah, kesemutan ini bisa jadi nggak normal apabila lebih sering dan mudah muncul.Ā hal ini dapat disebabkan gangguan sistem saraf tepi kakiĀ en kurang derasnya aliran darah pembuluh rambut… yang sering diakibatkan karena kekurangan vitamin B1.

karena tubuh tidak dapat membuat sendiri vitamin B1, yang berfungsi untuk memberi makan saraf,Ā maka apabila asupan vitamin B1 tak cukup akan menyebabkan saraf tepiĀ terganggu. en pasti akan muncul hal yang sering dikeluhkan… kesemutan!!! yang bahaya, kalo ada penyakit lain yang bisa komplikasi dengan gangguan saraf tepi ini. salah satu contohnya adalah kencing manis.

kesemutan yang tidak menyeluruh, melainkan hanya setempat saja, menyimpan risiko stroke, mengidap darah tinggi atau kencing manis, kolesterol tinggi, kesemutan kemungkinan manifestasi stroke.

hemmm… bener-bener nggak bisa dipandang remeh ternyata. padahal cuman kesemutan loh!!! mulai sekarang kelihatannya harus rajin konsumsi vitamin B1 nih. ato kalo nggak, kita bisa pilih sumber vitamin B1 dalam kacang hijau, selain sayuran berwarna hijau, dan kalau mau buat kue atau bubur bekatul.

selain itu harus lebih diperbanyak olahraga untuk mengurangi berat badan… ( ampun nih… dah nyentuh angka 90kgšŸ™‚ )Ā membatasi makan makanan berlemak tinggi en jugaĀ gorenganšŸ˜¦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s