curhat… pemberian yoghurt ke balita

waktu bunda-nya makan yoghurt… si kecil tiba-tiba nemplokūüôā sambil merhatiin banget. “ni bunda maem apaan sih???”, mungkin itu yang si kecil pikir. gak pake lama… langsung aja bunda-nya kasih si kecil yoghurt… “adik mau…??? nih bunda suapin”.

nah… setelah ngasih sesendok kecil yoghurt ke si kecil, baru deh bunda-nya mikir… “eh boleh nggak sih si kecil dikasih yoghurt??? secara yoghurt itu kan turunan susu??? mungkin boleh kali yah???”. akhirnya nanya ke ane, yang akhirnya cuman angkat bahu. lha wong bener-bener nggak ngerti. wes… daripada binun, coba cari informasi. setelah baca sana baca sini, akhirnya nemu artikel yang ternyata sangat mendukung pemberian yoghurt ke balita.

nah… sebenernya yoghurt itu apa sih???¬†yoghurt merupakan hasil¬†fermentasi susu yang bersifat semi-padat dan masih ‚Äúhidup‚ÄĚ, dalam artian masih terdapat bakteri baik yang masih hidup,¬†serta bisa diminum.

sedangkan manfaat yoghurt itu sendiri cukup banyak. ni salah satu manfaatnya

  1. sebagai sumber protein dan kalsium, karna komposisi yoghurt yang mirip komposisi susu. bila kita bisa mengkonsumsi yoghurt sebanyak 100 g per hari,  sekitar 15% dari kebutuhan kalsium dan protein per hari kita sudah bisa terpenuhi.
  2. membantu mengurangi resiko osteoporosis.
  3. sebagai alternatif makanan bagi penderita laktosa intoleransi (nggak bisa mencerna laktosa
  4. meningkatkan jumlah bakteri baik di usus. diduga, inilah yang membuat kesehatan prima, plus panjang umur.
  5. kaya vitamin B1, B2, B3, B6, asam folat, asam pantotenat, dan biotin. vitamin tersebut berperan penting dalam kesehatan reproduksi dan kekebalan tubuh.
  6. mudah dan cepat dicerna tubuh. bayangkan saja, lebih dari 90% yoghurt bisa dicerna tubuh dalam waktu 1 jam setelah konsumsi. sedangkan susu, dalam waktu yang sama, baru tercerna 30% saja.

sedangkan cara pemilihan dan penyajian yoghurt ke si kecil… bisa dilihat dari petunjuk yang terdapat di kemasan yoghurt (yang diperbolehkan dikonsumsi oleh balita atawa¬†memang khusus untuk balita) yang kita beli.¬†

antara lain…¬†bisa dilakukan dengan mengkombinasikan dengan buah-buahan. menghidangkannya dengan buah selain memelihara kesehatan pencernaan¬†sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh¬†si kecil.

welll… memang patut dicoba. apalagi ada penelitian yang menyebutkan kalo mengkonsumsi yoghurt bisa menurunkan efek racun dari bakteri yang merugikan di usus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s