curhat… apakah nanti si kecil obesitas???

bayi-gemukseringkali dengar pertanyaan yang agaknya… mmmhh… cukup menggelitik pikiran. kalo saat bayi, badan-nya sudah terlihat gemuk atawa gedhe… apakah nantinya pas balita atawa masa kanak-kanaknya, bisa diartikan akan cenderung gemuk atawa bahkan obesitas???

nah… baru-baru ini, ada penelitian dari Harvard Medical School, yang menyatakan… “kalo pada saat bayi, sudah terjadi penambahan berat badan dengan cepat… maka ketika tumbuh nantinya, akan cenderung mempunyai resiko tinggi akan mengalami kegemukan atawa obesitas!!!”.

penelitian ini dilakukan berupa pengamatan terhadap 600 bayi… en diketahui 40% dari bayi yang memiliki perbandingan berat badan dengan panjang tubuh tertinggi saat usia 6 bulan (diatas garis KMS), akan beresiko tinggi mengalami obesitas saat berusia 3 tahun. catat!!! … beresiko tinggi!!! so… belum pasti akan mengalami obesitas.

apa yang harus dilakukan bila pertumbuhan dan perkembangan berat badan bayi sedemikian cepat???

  • konsultasi dengan ahli gizi anak atawa dokter anak. bisa jadi… bayi yang berbadan besar atawa gemuk, ternyata nggak bisa dibilang kegemukan bila dibandingkan dengan panjang tubuhnya. en… beberapa bayi memang mempunyai pola tumbuh kembang yang cepat pada awalnya… trus kemudian mulai melambat ketika mulai menginjak umur tertentu. artinya… bisa saja ketika umur 6 bulan, bayi terlihat obesitas, tapi saat umur 3 tahun, akan cenderung mempunyai berat badan normal.
  • perhatikan pola makannya. bayi akan cenderung menolak makanan atawa minuman bila dah merasa kenyang atawa cukup… jangan sampe para ayahbunda-nya memaksa si kecil untuk menghabiskan makanan ato minuman-nya.
  • cobalah berolahraga. beri waktu buat si kecil untuk beraktifitas dengan lebih bebas. karna olahraga terbaik bagi si kecil adalah bermain… bermain… dan terus bermain. selain melatih tubuh dan respon terhadap lingkungan-nya… bermain juga dapat membuat si kecil berkeringat dan berolahraga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s