curhat… mem-fasilitasi gerak aktif balita

ceriatiap kali denger bunda-nya ngeluh tentang si kecil… sebenernya pengen banget ketawa🙂 lha wong bunda-nya ngeluh tentang polah-nya si kecil yang nggak bisa diem. aktif banget!!! gerak sana… ambil boneka… gerak sini… naik sepeda… ngikutin bunda-nya ke dapur… ambil piring plastik… ambil kardus bekas… seret sana… seret sini… wuuuiih!!! kagak ada matinye!!!🙂

nah… sekarang tinggal begimana ayahbunda-nya memfasilitasi gerak aktif-nya si kecil. berikut ini beberapa tips-nya.

  • Amankan rumah Anda. Singkirkan benda tajam, berat, panas, beracun, benda yang bisa menyetrum, benda yang bisa mencekik, menjepit, menjerat, membuat tersandung, tergelincir/terpeleset. Tutup akses ke tempat berbahaya dan tidak terawasi: pintu/jendela yang mudah dibuka, stop kontak listrik. Pasang pengaman di tangga, balkon, pintu dan jendela.
  • Sibukkan anak dengan aneka kegiatan aktif. Misalnya: menari dengan iringan musik, bermain air, merangkak-rangkak di terowongan kardus, mendorong-dorong benda yang bisa didorong, membacakan buku cerita dengan peragaan, berjalan-jalan keluar rumah minimal sekali sehari.
  • Ajarkan anak bergerak dengan aman. Meski tidak bisa sekali jadi, contohkan kepada anak cara aman naik-turun tangga, melangkah di lantai licin en lainnya.
  • Awasi anak dan bersiagalah. Pastikan si kecil selalu diawasi. Latih kesiagaan Anda — ketegasan dan kecepatan bergerak seketika – untuk menyelamatkannya dari bahaya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s