curhat… flu babi dapat menginfeksi manusia

lagi marak ni pemberitaan flu babi… padahal flu burung aja lom jelas juntrungannya, sekarang dah muncul varian virus flu baru… diidentifikasi sebagai turunan baru dari virus flu burung dan manusia, yaitu virus H1N1.

data yang ada menyebutkan, di MEXICO… sekitar 81 orang telah meninggal akibat virus baru ini. en sekitar 1.324 orang diidentifikasi sebagai suspect virus flu babi. sedang di AS… puluhan orang di 5 negara bagian telah teridentifikasi terkena virus flu babi ini.

ni beberapa informasi tentang virus flu babi dapat menginfeksi manusia.

  • virus ini terdapat pada hewan babi yang sakit. dari kasus yang ada, manusia akan terinfeksi virus ini bila terdapat kontak langsung dengan babi yang sakit… atawa lewat obyek lain yang membawa virus ini.
  • babi dapat terkena virus flu manusia ato flu burung sekaligus. nah… virus-virus ini dapat bercampur dan bermutasi di tubuh babi… dan akhirnya muncul varian virus baru.
  • babi dapat menularkan virus ini kembali ke manusia. dan virus yang sudah ditularkan oleh babi ini… dapat menular dari manusia ke manusia. nah penularan dari manusia ke manusia ini dapat terjadi seperti influenza pada umumnya.
  • gejala-gejala virus baru ini hampir mirip seperti influenza. demam tinggi, pilek, badan pegel dan lemas yang berlebihan.
  • vaksinasi ato obat yang ada dapat diberikan ke babi untuk mencegah flu babi menyebar. sedang obat influenza yang ada sekarang ini lom sepenuhnya bisa melindungi manusia dari virus ini. untuk sementara ini, TAMIFLU diperkirakan dapat menghambat laju infeksi virus flu babi ini.
  • makanan yang mengandung daging babi, tidak akan menularkan virus ini apabila sudah dimasak lebih dari 160 F atawa sekitar 70 C. karna virus ini akan mati kalo daging atawa produk olahannya dimasak diatas suhu tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s