curhat… penyebab gatal-gatal pada kulit balita

nangisknapa yah si kecil tidurnya gak tenang??? kalo kemarin pas giginya mo tumbuh, si kecil rewel… wajarlah. eh ni masih aja rewel. nggak ngerti knapa. padahal kalo diliat, giginya dah erupsi… en dah muncul. tapi kok masih rewel aja yah?! kalo rewel sambil guling kiri guling kanan, mungkin masih bisalah ditenangin. tapi ni sambil garuk-garuk… sampe merah-merah gitu kulitnya.

daripada-daripada… bunda-nya ambil salep en dioles-oles ke daerah gatalnya si kecil. rata-rata daerah gatalnya tuh di lipatan tangan (sikut)… ma lipatan kaki (dengkul). padahal kalo pas mandi… bundanya slalu bersihin daerah-daerah sekitar lipatan. tapi knapa kok masih sering gatal yah… mungkin emang ni yang bikin si kecil tidurnya nggak nyenyak akhir-akhir ini???

ah daripada menduga-duga… coba cari informasi dari dunia maya… coba-coba searching… en dapat informasi juga.🙂

ternyata banyak banget ganguan kesehatan atau penyakit yang bisa bikin si kecil gatal-gatal di tubuhnya, antara lain… gigitan nyamuk atawa serangga… si biang keringat… eksim susu ato dermatitis atopik… alergi terhadap sesuatu… sampe psoriasis, semacam penyakit kulit kronis. wuiihh… ngeri boss!!!

tapi yang perlu diingat, si kecil kan boleh dibilang lagi lincah-lincahnya ni… lagi heboh-hebohnya jalan… gak peduli dimana aja… pokok e mlaku. nah… ternyata ni awal dari masalah gatal-gatal itu. karna kulitnya yang relatif lebih tipis dibanding kulit kita… sehingga lebih rentan infeksi, iritasi en alergi. mangkanya si kecil tuh pasti “langganan” gatal-gatal. tinggal kita, sebagai ayahbundanya, yang harus bisa menjaga dan memperhatikan tingkah laku si kecil.

so… jangan sampe meleng yah🙂

One thought on “curhat… penyebab gatal-gatal pada kulit balita

  1. anak saya umur 3 tahun kurang 2 bulan.tiba2 tangan dan kaki gatal bentol2.trus gak biAsanya anak saya garuk samapai lecet…kepada pak/bu dokter minta tolong itu penyakit apa.dan apa obatnya .terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s