curhat… cara redakan nyeri saat tumbuh gigi

gigisetelah nunggu hampir 6bulan… akhirnya gigi si kecil mo nambah. seneng sih… karna yang dikuatirkan selama ini, mulai berkurang. dari jumlah giginya yang cuman 4buah… sekarang dah kelihatan mo nambah 2buah lagi di rahang atas en 2 lagi di rahang bawah… so totalnya mo nambah 4buah. tapi sekarang-sekarang ni… yang dah mo muncul kelihatannya yang atas duluan… alhamdulillah🙂

tapi… yah tahu sendiri lah kalo si kecil tumbuh gigi… dari badannya yang jadi anget (summeng)… jadi ngileran… suka gigit-gigit apa aja… sampe rewel kalo pas malem!!! haaadddduh…!!! sampe gak bisa tidur pules deh🙂

nah… setelah tanya sana… tanya sini… ternyata da beberapa cara buat ngurangin rasa nyeri pas gigi si kecil numbuh. berikut 5 cara yang cukup simpel… yang pastinya para ayahbunda bisa melakukannya🙂

  • usap-usaplah. bila si kecil memperbolehkan, masukkan jari anda ke dalam mulut mungilnya dan secara perlahan usap-usap gusinya. kebanyakan bayi sih menyukainya. en… bisa jadi cuma itu yang perlu anda lakukan.
  • dingin-dinginkan. beri si kecil teether (mainan untuk digigit), dot atau sendok yang sudah dimasukkan ke lemari es sebelumnya. atau berikan waslap yang dingin dan lembab.
  • kulum-kulum. mengulum mainan yang aman bisa mengurangi rasa nyeri. “gerakan mengulum membantu melunakkan jaringan gusi, sehingga gigi lebih gampang keluar,” ujar Martha Ann Keels dari Duke University. “anda tidak bakal salah bertindak dengan memberinya teether.”
  • obati. sah-sah saja untuk memberi si kecil obat acetaminophen atau ibuprofen. sebelumnya, konsultasikan dengan DSA dulu.
  • segera hubungi dokter. bila nyeri tak kunjung mereda, segera ke DSA. “bila bayi perlu pengobatan selama lebih dari beberapa hari, bisa jadi ada masalah lain,” kata Jo Ann Rohyans, M.D., profesor klinis kesehatan anak di Ohio State University College of Medicine, Columbus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s