curhat… kebiasaan makan sambil jalan

bhubung si kecil dah cukup lancar jalannya… kesetimbangan badannya juga dah lumayan bagus… akhir-akhir ini, si kecil kalo lagi makan… pasti sambil jalan. ntah itu di dalam rumah… atopun di luar rumah. pa lagi kalo para tetangga ikutan keluar… maen di luar rumah… wih tambah heboh deh acara makannya🙂

cuman yang sekarang kepikiran… gimana caranya si kecil ni makan sambil diam. biar gak gerak-gerak mulu. karna lama kelamaan si kecil jadi nggak belajar proses makan dengan benar… proses makan yang sehat🙂

ane pernah baca… kalo pada saat kita berdiri, otot tubuh kita tuh dalam kondisi tegang karna harus menopang tubuh kita dalam kondisi stabil dan setimbang… yang otomatis, kerja syaraf pusat pun jadi ekstra keras. nah kondisi yang kayak gini ni gak bagus buat makan dan minum… karna tubuh kita jadi nggak tenang/tegang. mungkin ni yang nggak disadari ma kita sendiri🙂

nah… tubuh kita jadi tenang tuh saat kita lagi duduk santai… kondisi dimana syaraf berada dalam keadaan tenang en tidak tegang. so pencernaan kita dalam kondisi siap menerima makanan ato minuman yang masuk.

ni yang harus dirubah dari perilaku makan si kecil. emang sih… umur-umur segini (1th+) lagi seneng-senengnya jalan… eksplorasi sekitarnya. tapi kita sebagai ayahbundanya… juga harus mengajari perilaku yang sesuai. perilaku yang seharusnya… betul???

nah… proses ngerubahnya harus bertahap. contoh aja ni, makan pagi en siang di dalam rumah… trus pas makan sore baru di ajak keluar rumah. ato sebaliknya… yang penting di ubah-ubah jadual tempat makannya. ni cuman toek membiasakan si kecil lebih nyaman kalo makan di dalam rumah… senyaman kalo pas makan sambil jalan-jalan atao maen dengan temen-temennya.

kalo si kecil masih jalan-jalan di ruang makan, monggo aja… tapi kalo dah ngajak keluar rumah, jangan dituruti… alangkah lebih bagus lagi kalo pas di rumah, makannya sambil duduk di kursi makan khusus balita dan di sekitar meja makan.

nah… bila pola ini dilakukan secara konsisten, anak akan belajar bahwa makan memang seharusnya di meja makan. so… moga-moga aja bisa ngerubah pola makan si kecil jadi lebih sehat…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s