wajib helm SNI… ditunda!!! sebab???

wah… akhirnya peraturan wajib helm ber-SNI ditunda!!! sekali lagi… ditunda!!! diundur sampe taon 2010 (januari ~ maret).

helmperasaan agak seneng sih… karna gak usah beli helm baru. bayangin aja… harga helm akhir-akhir ini dah naek!!! kalo dibandingin 2007 sih🙂 lah ane beli helm terakhir taon 2007 e. itupun beli yang pake sertifikasi DOT!!! lah kalo semua helm yang dipake bikers diwajibkan ber-SNI… lah kan harus beli baru dunk!!! pa lagi kalo bapak polisi gak mo tau masalah taun belinya kapan… bisa berabe kena tilang terus🙂

tapi yang patut disayangkan… ni wacana sebenernya sangat bagus untuk menjamin kualitas nasional kita… kualitas produk kita… en kualitas hidup kita sebagai bikers bangsa indonesia🙂 tapi kenapa diundur-undur… dipending terus. kalo sampeyan-sampeyan tau alasan dari Departemen Perindustrian (Depperin red.) kenapa aturan helm SNI ini ditunda alias dipending… pasti bakalan binun deh… bahkan sampe geleng-geleng kepala… karna pihak Depperin beralasan kalo laboratorium pengujian helm itu belum siap!!! nah loh!!!

lah…!!! kalo gitu helm yang dah bersliweran di jalanan indonesia… statusnya SNI beneran ato bo’ongan??? kalopun SNI… ngetesnya dimana??? lha wong laboratoriumnya Depperin aja belum siap… apa selama ini para produsen helm lokal punya laboratorium sendiri??? gak tau juga sih…🙂

mungkin ni yang bikin para bikers indonesia… terutama yang punya duit agak lebih dikit… pasti beli helm yang bersertifikasi DOT bahkan SNELL yang ASLI!!! karna lebih valid… lebih terjamin kualitas… lebih terjamin keselamatan si pemakai. termasuk ane!!! sayang ma nyawa euy… selain sayang ma anak istri en ortu🙂

so… terserah sampeyan-sampeyan mo beli helm yang mana… mo pilih sertifikasi SNI… monggo. mo beli yang DOT… silahkan. mo beli yang SNELL… juga silahkan. yang paling penting… SAFETY FIRST🙂

One thought on “wajib helm SNI… ditunda!!! sebab???

  1. SNI Helm, Dilema UKM Helm
    Argumentasi soal pemberlakuan SNI secara wajib ini sebenarnya masih lemah. Klo dibilang untuk meredam laju impor seharusnya dengan memperberat syarat perizinan masuknya barang impor bukan justru membuat regulasi yang mengancam kelompok UKM Helm, khususnya anggota PPHI…Faktanya, importir masih diberi keleluasaan bawa produk asing ke Indonesia…

    Soal semangat meredam tingginya angka kecelakaan saya kira banyak aspek yang perlu dibenahi…Ketertiban pengendaranya, infrastruktur jalan, rambu lalu lintas, dan kelayakan kendaraan. Bukan helm produk lokal yang justru dijadikan kambing hitam…saya kira masyarakat membeli helm murah produk lokal karena memang kemampuan mereka yang tebatas. Buat produsen sendiri juga sebenarnya sangat senang hati membuat produk berkelas. Hanya saja kemampuan modalnya yang terbatas. dan masyarakat sendiri belum tentu semuanya mau beli helm di atas Rp200rb bagi yang koceknya terbatas….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s