amazing… 1jutaan caleg kalah… bakal stress ato dah stress???

kemarin malam liat karikatur e bang one di TV ONE yang ngebahas tentang nasib para caleg yang kalah. bener-bener menggelitik… en pastinya bener-bener bikin geleng-geleng kepala.

gimana nggak… di situ ditunjukkan kalo kursi DPR nasional yang diperebutkan oleh 11.000an caleg, tu hanya sejumlah 560 kursi. DPRD propinsi… jumlah kursi sekitar 2.000an. caleg yang bergontok-gontokan sekitar 110.000an. trus DPRD kota/kabupaten… jumlah kursi sekitar 15.000an. caleg yang berebut sekitar 1.500.000an. belum yang DPD… ane lupa jumlahnya berapa.

dari situ aja ketauan… kalo jumlah caleg yang kalah bakal ngumpul sekitar 1.000.000an. ni potensial banget… potensial jadi stress… yang ujung-ujungnya… potensial buat nambah jumlah pasien RS Jiwa. haduhhh!!!

dah ada penelitian yang menyebutkan kalo para caleg ni bisa mengalami gangguan jiwa… berawal dari rasa cemas, susah tidur, putus asa… en kemungkinan terburuknya adalah bunuh diri!!!

ternyata ntu bukan isapan jempol belaka… dah ada bukti sebelumnya. salah satu calon bupati di jawa timur… jadi gila gara-gara kalah dalam pilkada… padahal dianya dah abis duit Rp 3miliaran. itupun hasil gali lobang tutup lobang buat kampanye-nya… weleh-weleh.

en di pemilu legislatif 2009 barusan… ni beneran terjadi loh.

di cirebon, dah ada caleg yang masuk ke pesantren buat terapi depresi… karna jumlah suara yang dikit en dah habis sekitar 300jt… si caleg jadi pendiam dan depresi. blom lagi yang di bali… bahkan sampe meninggal karna sakit jantung. trus yang di daerah maluku… caleg yang dulunya nyumbang TV buat ditaruh di pangkalan ojek… diambil lagi ma calegnya. yang ni sorakin aja dah… HUUUUUUU!!!🙂

lah yang kayak gini begimana… keliatan banget kalo caleg-caleg yang kayak gitu bener-bener ngandelin gali tutup lobang… ngandelin (kalo gak mo dibilang optimis) kalo ntar pasti lolos jadi anggota legislatif. lha wong gaji anggota DPR nasional aja, per tahun 2006, duit yang diterima anggota DPR mencapai Rp 761.000.000. sedang tahun 2007 menyentuh angka Rp 787.100.000… muaantabs!!! pantesan toh kalo banyak yang ngejar jadi anggota DPR… padahal ntu belum tmasuk dana pensiunan loh.🙂

mangkanya banyak yang stress… ato minimal jadi pendiam… jadi murung. karna mikirin tambahan hutang… mikirin rumah atawa mobil yang kelanjur digadai.

haduh!!! lah kalo calegnya aja bermental kayak gini… gali tutup tadi… kliatannya gak bakalan tambah bersih ni DPR. tapi moga-moga aja… da caleg yang bener-bener bermotivasi mewakili rakyat… yang bener-bener sanggup menyalurkan aspirasi rakyat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s