curhat… maag ato tifus sih???

alhamdulillah… setelah seminggu lebih tepar alias KO alias sakit, sekarang dah mendingan en siap mo aktifitas lagi… terutama dah gatal pengen tulis-tulis lagi๐Ÿ™‚

hari selasa pagi (31/03/09)… pas bangun tidur (seperti biasa jam4an)… kok perut sakit banget… langsung tpikir… ah paling-paling cuman maag. coba dibuat duduk… perut rasanya begah… penuh banget… ulu hati sakit banget en melilit gak keruan. padahal… makan aja belom. akhirnya nyoba diminumin air putih… agak mendingan rasanya. cuman gak btahan lama… abis itu sakit lagi!!! nyoba berdiri agak lama gitu… sakit juga. binun euy!!!

tapi mo gak mo harus tetep berangkat kerja… karna harus bikin report bulanan. harus nyiapin data-data pendukung buat report-nya. so teteplah berangkat.

eh malah nyampe kantor… cuman tiduran. lha wong kerasa sakit e. ijin pulang juga percuma… mending tiduran aja di kantor. begitu agak mendingan… coba aja browsing… tanya-tanya mr.google. karna temen sebelumnya sempet ngomong… jangan-jangan tuh tifus…??? loh kok bisa…??? bukannya kalo tifus tuh cirinya mirip ma DB??? panas dingin… mual-mual… badan lemes… ane tau, karna pernah kena tifus.

begitu sampe rumah… langsung ke dokter umum sebelah rumah. diagnosa dokter-nya sih cuman maag biasa… makanya dikasih obat cuman NOVAMAAG… baru tau ada obat maag namanya ntu๐Ÿ™‚ tapi tetep gak ada efek babar blas… masih sakit ni perut… palagi daerah ulu hati. trus ma tetangga disaranin minum POLYSILANE… ane coba tuh obat… yang ada malah tambah sakit… perih banget!!!

langsung aja ke RS… coba ke dokter SpPD… yang pastinya diagnosanya lebih mantebs… eh gak nyangka langsung diminta ke lab buat test darah lengkap plus widal en IgM (yang ni ane gak ngeh…). trus dari hasil test… widal alias tifus-nya negatif semua… tapi kandungan lekosit darah meningkat karna ada infeksi di saluran pencernaan… trus IgM-nya positif!!! nah loh…

setelah baca hasil test lab… dokter akhirnya ngasih vonis kalo ane kena gejala tifus!!! meski baru gejala awal. en gak harus opname… diperbolehkan rawat jalan… tapi harus bed rest. trus ma dokter dikasih obat nexium (esomeprazole) yang diminum sehari 1x. en gak boleh makan makanan yang pedes… asin… yang mengandung susu… kacang-kacangan… yang berserat tinggi… trus disaranin makannya bubur dulu… halah!!! intinya sih agar kinerja saluran pencernaan… utamanya lambung… gak kerja ekstra berat.

emang sih… setelah minum ntu obat… perut jadi gak tlalu sakit… intinya ada perubahan lah!!! alhamdulillah. aktifitas mulai agak normal… becanda-becanda ma si kecil juga dah bisa dinikmati…๐Ÿ™‚

belajar dari itu semua… ane harus bisa ngrubah pola hidup… terutama pola makan.

pas maem, sebelumnya ngunyah 5-8 kali trus telan… sekarang harus bener-bener sampe halus tuh makanan yang dimulut… baru ditelan. gorengan… pa lagi yang berbau pedes-pedesan… dikurangin semua…๐Ÿ˜ฆ makanan kemasan… snack… cemilan yang berbau pengawet… dikurangin juga…๐Ÿ˜ฆ olahraga juga harus ditambah intensitasnya… haduh… bener-bener deh!!!

tapi gak papa lah… masih untung cuman gejala awal tifus… meski gejalanya beda ma yang ane pernah alamin. yah minimal, ane bisa ngambil hikmahnya… ngambil positifnya aja. ntar-ntar kalo di keluarga ane da yang nunjukin gejala-gejala maag… ane dah tau harus ngapain aja๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s