curhat… solusi sementara kalau si kecil batuk

kemarin malem… si kecil batuk mulu. padahal dah gak sakit lagi… gak ngerti kenapa??? emang sih sama DSA pernah didiagnosa kalo si kecil punya alergi… bahkan mungkin bisa cenderung ke asma… bisa jadi, karna bunda-nya juga punya asma…

trus apa mungkin ni akibat alergi yah??? padahal obatnya juga dah diminum… emang sih pas hari itu hujan deres banget di rumah… hawanya duingiiiin!!! ayah-nya sih seneng banget kalo lagi dingin-dingin gitu… tidur tambah pules😀

nah… yang jadi masalah… kalo si kecilku batuk… ujung-ujungnya pasti muntah… ntah itu makanan yang masuk… ato susu yang diminum. ni yang perlu dicarikan solusi… baik itu solusi batuknya… juga solusi masalah muntahnya.

mungkin solusi muntahnya sih gak terlalu susah… yaitu… pokok e si kecil jangan sampe batuk deh!!!🙂 gampang toh.

nah sekarang solusi sementara kalo si kecil lagi batuk ni… ini yang perlu diperhatikan.

seperti biasa… artikel-artikel di ayahbunda-online emang mak nyuss… mantabs abis. ni salah satu artikel yang mbahas masalah solusi sementara kalo si kecil lagi batuk.

Penderitaan si kecil hampir tiada henti saat terserang batuk. Bahkan kerap terbangun di malam buta karena batuk yang membandel. Inilah cara mengganyang batuk si kecil

Batuk adalah tanda bahwa ada benda asing yang masuk dalam tubuh kita. Beberapa penyebab batuk adalah :

  • Tenggorokan mengeluarkan banyak lendir misal pada asma
  • Tenggorokan teriritasi cairan seperti pada pilek atau infeksi sinus kronis
  • Asap rokok
  • Ingin mengeluarkan benda asing yang menyangkut di saluran pernafasan
  • Infeksi saluran pernafasan bagian atas
  • Infeksi saluran pernafasan bagian bawah
  • Alergi atau asma

Berikut beberapa cara mengurangi gejala batuk agar tidak berlarut-larut :

  • Batuk karena lendir, telungkupkan si kecil dan tepuk-tepuk punggungnya agar dahaknya keluar.
  • Batuk di malam hari, tidurkan si kecil dengan kepala lebih tinggi dari tubuhnya.
  • Meredakan gatal di tenggorokan, berikan si kecil air jeruk hangat campur madu.
  • Jika batuk terus menerus, bantu anak bernapas lebih lega dengan penguapan selama 20 menit.

Si kecil harus segera dibawa ke dokter bila batuknya tidak reda setelah 3-4 hari atau bila batuk disertai darah dan mengi. Bila ternyata ada benda asing yang menyangkut di tenggorokannya segera hubungi dokter terdekat untuk mendapatkan pertolongan.

Usahakan anak selalu dalam keadaan hangat, lindungi juga anak dari bahaya asap rokok untuk menghindari batuk. Selain itu, kecapekan habis berlari-lari bisa juga menyebabkan anak batuk-batuk.

yupss… cukup menambah pengetahuan lagi kan… harus segera praktek nih… soal e cuaca juga gak jelas… pa lagi di buitenzorg (bogor red.)… seringnya malah ujan🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s