pojok kampung JTV…

gara-gara baca artikel di surya online… artikel suroboyoan… jadi inget acara pojok kampung di JTV (TV swasta lokal jawa timur) kangen ambe j****k-j****k-an rek!!! secara diriku bukan suroboyo asli… at least pernah hidup disana ๐Ÿ™‚

waktu pertama muncul 2003… pojok kampung tuh bener-bener unik. gmana nggak… acara TV yang pake boso jowo lokal cuman itu… nggak tahu kalo di jawa tengah ya… kan kita-kita di jawa timur nggak nangkep tuh siaran… lha wong TV lokal je!!!

dari yang nggak paham istilah-istilah suroboyoan… dialek suroboyoan… jadi bisa ikut arus ๐Ÿ™‚

emang sih… mulai 2005 dah mulai ada pojok kampung versi bahasa daerah lain yang da di jawa timur… misal e… madura en jawa yang ” agak ย halus” (jawa timur bagian barat red.)

tapi tetep aja istilah-istilah semacam empal brewokpistol gombyokhohohihe… sampe njeketek… nggak bakal dimengerti orang-orang kalo nggak muncul di pojok kampung versi suroboyan… hayo artinya apa tuh… ๐Ÿ™‚

okelah… banyak yang ngomong kalo bahasa yang dipake cukup kasar… gak sopan ato apa… tapi memang itu apa adanya… emang bahasanya kayak gitu mo diapain lagi??? mungkin juga karna banyak yang lom familier… wajarlah… pa lagi JTV siarannya dapat ditangkap di seluruh jawa timur… sedang dialek yang dipake di jawa timur tuh macem-macem… so wajar lah kalo banyak juga yang kurang sreg ma penggunaan istilah-istilah suroboyoannya…

tapi yang perlu diinget… acara kayak gini… secara gak langsung ikut melestarikan budaya jawa terutama budaya lokal surabaya… yang mungkin mulai terlupakan oleh masyarakatnya sendiri…

terbukti dengan pemberian pernghargaan oleh Surabaya Heritage ke JTV terkait acara pojok kampung… so bisa dikatakan pojok kampung sudah dipercaya dalam melestarikan budaya bahasa Suroboyoan.

wes ta… pokok e bener-bener ngangenin acara pojok kampung…

moga aja tetep eksis… biar kita-kita yang ngrantau nih…begitu mudik en liat ni acara… bisa tetep senyam-senyum… biar tetep inget terus ma budayanya ๐Ÿ™‚

piss ah!!!

Iklan

One thought on “pojok kampung JTV…

  1. IB.indra

    selamat siang mas
    memang seiring budaya barat yang kian “meng-indonesia” kita semakin tidak tahu budaya asal kita.
    Jadi acara2 yang menampilkan budaya asli bangsa kita perlu didukung.
    Saat ini saja, makin sedikit anak muda kota2 besar yang suka tarian daerah misalnya.
    Mereka banyak yang lebih suka menari dance ( baju minim , seksi ) dan lenggak lenggok badan yang penting seksi. salah pun ga papa..ga ada yang tahu

    wah semoga budaya asli bangsa kita ga akan punah.
    Untungnya di beberapa propinsi indonesia, masih mengharuskan budaya asli dipelajari ( misalnya tarian )

    Kalau tidak begitu, maka suatu saat tari lenong, tari kecak, akan diakui negara lain.

    Salam budaya indonesia

    IB.Indra WK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s