ribetnya perubahan NPWP…

hufff… ternyata minta perubahan data NPWP tuh ribet yah!!!

gimana nggak… setelah sabtu, minggu kemarin, gak jadi ke KPP bogor (bhubung ane pindah domisili dari jakarta ke bogor)… coba aja urus hari selasa lewat bantuan tetangga. dengan bekal surat kuasa dari ane… tetangga bantuin ngurus perubahan data NPWP. sampe sana… sama petugas NPWP ditanya kelengkapan berkas… setelah dicek… tyata masih kurang surat pindah dari KPP lama ane (KPP Jakarta)!!!

begitu tetangga konfirmasi ke ane… jadi binun deh. lah… kok bisa??? lha wong kata petugas SPT di KPP lama… langsung aja ke KPP baru… tapi kok nyata ne nggak bisa???!!! trus yang bener bgimana???

daripada pusing… kamis kemarin coba langsung ke KPP lama… minta kejelasan tentang tata cara perubahan data NPWP… langsung minta ketemu pimpinannya… biar jelas skalian!!!

setelah sampe… tyata pimpinan nggak ada… (siapa sih gue… ) langsung ditemuin ma staff-nya… trus dikasih penjelasan…

kalo mo ngrubah data NPWP… sebaiknya dilakukan sebelum nyerahin SPT… karna kalo dah setor SPT ke KPP lama… maka nunggu sampe pendataan/penyerahan SPT selesai… baru ngajuin perubahan data NPWP. karna dikuatirkan SPT yang dah disetor… gak bisa diakses oleh KPP lama ato baru kalo maksain perubahan data NPWP sekarang.

nah loh…!!! jadi tambah binun… lha wong pas training dulu, dikasih tahu, kalo mo ada perubahan data… skalian dilampirkan ketika setor SPT ke KPP lama… trus minta diterbitin surat pindah… setelah itu baru urus di KPP baru dengan surat pindah.

ngerasa lom ngerti… langsung aja nanya… “pak… trus gunanya saya melampirkan perubahan data di 1770S itu apa??? kan di form-nya jelas… kalo mo ada perubahan data.. silahkan dicentang/disilang???”

eh… nggak nyangka… beliau jawab… “kalo yang perubahan data NPWP beda form-nya pak… bukan pake yang di lampiran 1770S itu…???!!!”

hah!!! pliss deh!!! knapa nggak ada informasi…???!!! padahal pas setor SPT… ane dah ngomong ke petugas penerimaan SPT… en dijawab langsung aja ke KPP baru… waddaahhh!!! bener-bener bikin binun!!!

nggak mo pusing lagi… langsung minta solusi dari beliaunya… en solusinya ternyata simpel…

“bapak kembali aja bulan depan… setelah batas setor SPT ini… yah mungkin april pertengahan lah… karna kalo bapak ngurus surat pindah sekarang… kuatirnya gak kebaca itu tadi pak…”

walah… yoo wes lah!!! tinimbang e mumet… mending bulan depan aja balik ngurusnya!!! yah… mungkin pengalaman lah…

buat temen-temen yang mo ngurus surat pindah… mending urus duluan sebelum setor SPT… karna kuatirnya respon dari KPP-nya seperti itu… ato mungkin tergantung KPP masing-masing yah… mosok ada standar ganda??? ato jangan-jangan petugas pajak sendiri juga gak ngerti aturannya??? ah… nggak mungkin lah…

mungkin emang ane yang dah kelanjur emosi karna ditendang kiri tendang kanan…

Iklan

2 thoughts on “ribetnya perubahan NPWP…

  1. diviarsa Penulis Tulisan

    diomong mending… emang rada mending 🙂
    cuman masalah e… aku nyoba cari info perubahan data NPWP dari 3 KPP lain…
    hasil e gak ada sing jawabanne sama!!! padahal pertanyaan e sama!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s