pelaporan SPT pajak pribadi…

SPT…

akhirnya… setelah cuman dapet teori (training pajak), baca-baca en nanya-nanya seputar pengisian SPT pribadi… hari ini juga langsung coba ngisi form 1770S (maklum karyawan…) en perubahan data domisili di kartu NPWP. emang sih… dari teori yang cuman dikasih studi kasus yang simpel… ke aktual pengisian SPT pribadi… cukup bikin deg-deg an juga 🙂

setelah isi form 1770S untuk SPT pribadi, yang ternyata gak ribet… lha wong tinggal nyalin dari form 1721 A1 yang didapet dari kantor… en di form 1770S tuh dah jelas banget petunjuknya…

yang agak ribet (mungkin) tu di pengisian lampiran 1 dan 2 form 1770S… yang berisi daftar penghasilan kena pajak… daftar penghasilan tidak kena pajak… daftar harta en utang!!! wah bener-bener deh… binun… palagi kalo kita-nya sendiri gak cermat ato teledor nyimpen berkas-berkas gaji ato slip utang… bakalan repot ngisinya 🙂

taklupa lampiran form1770S… lampiran perubahan data… fotokopi form 1721 A1… fotokopi kartu keluarga… dah selesai… hari itu juga langsung berangkat ke kantor pelayanan pajak (KPP)… kebetulan dapat kode na NPWP xx.xxx.xxx.x-003.xxx… so cuman di daerah pramuka – jakarta timur 🙂

sebenernya sih bisa lewat kantor pos atawa HR di kantor bahkan online… bhubung skalian ngurus pindah domisili… ya harus berangkat sendiri ke KPP…

dalam perjalanan ke KPP… bayangan akan ribetnya proses pelaporan SPT makin menggunung di pikiran… wah mikir terus!!! bgitu sampe KPP… motor diparkir… langsung jalan ke lobi KPP. ternyata di teras lobi KPP… banyak orang yang lagi ngisi SPT!!! keliat banget kalo sosialisasi pengisian SPT tuh lom nyampe ke semua wajib pajak… karena banyak yang binun ato salah isi!!!

begitu masuk lobi… dah tertulis jelas di situ… kalo loket penerimaan SPT pribadi dibuka 4 meja/loket… en antrian di masing-masing loket gak terlalu banyak… paling cuman 1-2 orang aja… alhamdulillah!!!

tiba giliran nyerahin SPT pribadi… begitu salam sapa ke petugas loket (cowok cuy… lha yang cewek antriannya nambah terus…) langsung serahin berkas SPT pribadi… en tak lupa tetek bengek lampirannya. setelah diperiksa kelengkapan isian en lampirannya… langsung dinyatakan diterima… wuih… kaget juga… gak sampe 5-10 menit dah beres!!! ealah… cuman gitu thok!!!

begitu dah dapet tanda terima penyerahan SPT pribadi… langsung nanya masalah perubahan NPWP terkait perubahan data domisili… “apakah harus bikin surat pernyataan pindah dari kelurahan… ato syaratnya apa aja… apakah KPP lama nanti akan ngasih ke kita surat pindah sebagai data pendukung ke KPP baru…???”

eh… sama petugas loketnya cuman dibilangin… “mas nanti langsung aja ke KPP baru… bilang kalo mo pindah domisili di KPP baru itu… ntar mas serahin surat pernyataan yang mas buat en tanda tangani sendiri… en kartu NPWP serta fotokopi KTP domisili daerah situ… ntar KPP baru akan kontak kita untuk kelengkapan data mas…”

hahh!!!… kok gak sesuai ma petunjuk-petunjuk yang pernah baca yah??? bener deh… jadi binun!!! emang harus ke KPP baru dulu kali yah… nyari second opinion (harusnya sih gak usah… lah wong sudah prosedur!!!)

so… ntar sabtu harus ke KPP baru nih… skalian jalan-jalan ma istri en anak… 🙂

ambil hikmahnya aja… pusing en binunnya… dikantongin dulu 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s