wanita dan pajak…

wanita dan pajak…

di mata pajak… posisi wanita memang istimewa. gimana nggak, karena dalam aturan pajak, wanita diperbolehkan tidak ber-NPWP, selama wanita tersebut dah berstatus nikah en tidak pernah punya perjanjian pisah harta dan penghasilan dengan si misuanya… 🙂

sehingga kewajiban pemenuhan pajaknya cuman nebeng ke suaminya… dengan catatan pula… si suami sudah punya NPWP… lah kalo belom punya… si istri harus punya NPWP sendiri (kalo sudah termasuk wajib pajak)

bila sebelum nikah, si wanita dah ber-NPWP… maka setelah nikah dan bila tidak ada perjanjian pisah harta tadi… maka NPWP istri dianjurkan untuk dihapus dengan melapor ke KPP yang bersangkutan disertai bukti-bukti… surat nikah dan NPWP suami

jadi dalam pelaporan SPT tahunan, apabila istri dah ada penghasilan… maka tinggal dilampirkan saja di SPT pajak suami…

yang jadi pertanyaan… lah kalo suami ma istri satu tempat kerja gimana???

prinsipnya sih hampir sama seperti penjelasan diatas… selama hubungan kerja antara suami dan istri tuh hanya sebagai staff aja… maka si istri tidak usah ber-NPWP dan cuman nebeng ke suami

kecuali kalo… salah satunya berkedudukan sebagai pemberi kerja… dalam artian sebagai pemilik usaha/boss

nah kalo itu… baik suami maupun istri masing-masing harus ber-NPWP en pelaporan SPT juga masing-masing sesuai dengan NPWP… dengan konsekuensi pajak yang dibayar tuh tambah besar… karena istri juga harus bayar pajak.

kesimpulannya sih… wanita tidak wajib ber-NPWP

sedang wanita yang wajib ber-NPWP itu kalo  :

1. status lajang… lom nikah en dah punya penghasilan melebihi PTKP

2. status menikah en punya penghasilan melebihi PTKP… tapi ada perjanjian pisah harta dan penghasilan dengan suami

3. status berpisah dengan suami yang dikukuhkan dengan putusan hukum (baik meninggal atau cerai)… en punya penghasilan melebihi PTKP

4. memang berkehendak/ingin punya NPWP sendiri… en punya penghasilan melebihi PTKP

just it… semoga membantu yah…

en jangan lupa… setor SPT pajak sebelum tanggal 31 maret yah… kalo bisa sih secepatnya… soalnya bakalan antri di KPP masing-masing kalo mepet ma tanggal 31 maret

matur tengkyu!!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s