perubahan NPWP…

perubahan NPWP…

nah… sekarang piye kalo NPWP-nya bermasalah… dalam artian ada ketidakcocokan antara data pribadi dengan data yang tertera di NPWP dan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP)… contoh paling gampang tuh alamat wajib pajak!!! palagi yang masih berstatus “kontraktor”  🙂 pasti pusing mikirnya toh…

mungkin paling gampang ngakalinya sih dengan make alamat kampung aja… selain alamatnya gak bakal berubah… juga biar tetep inget ma kampung 🙂

cuman permasalahannya sih… kalo NPWP-nya tuh NPWP yang diperoleh dari pendaftaran kolektif perusahaan alias NPWP karyawan. alhasil akan sangat tergantung ma database yang ada diperusahaan…

nah… rata-rata alamat yang update di perusahaan adalah alamat-alamat “fiktif” (maaf yah…) hanya berupa alamat-alamat formalitas… hayooo ngaku!!!!! 🙂 termasuk aku nih…

nah caranya biar gak bermasalah… simpel banget… yah kita harus rubah data yang sesuai dengan faktanya… 🙂 so ketika setor SPT pajak… lampirkan sekalian perubahan data disertai surat-surat resmi yang mendukung…

kalo cuma ganti alamat tempat tinggal… harus ada pernyataan pindah tempat tinggal dari instansi terkait minimal setaraf lurah atau kepala desa

nah kalo kebetulan alamat rumah juga sebagai alamat usaha… harus ditambah lagi surat keterangan tempat kegiatan usaha yang baru dari instansi yang berwenang sekurang-kurangnya lurah atau kepala desa

ato kalo bisa perubahan data itu dilakukan sebelum setor SPT pajak

secara prosedural… permohonan pindah disampaikan melalui surat pernyataan yang bisa ditujukan kepada KPP yang lama atau ke KPP yang baru, dengan disertai persyaratan yang diperlukan… setelah itu KPP lama wajib menerbitkan surat pindah untuk diberikan kepada wajib pajak, paling lama pada hari kerja berikutnya setelah surat pernyataan pindah diterima guna diserahkan ke KPP baru

setelah menerima surat pernyataan pindah beserta persyaratannya secara lengkap, KPP baru berkewajiban menerbitkan kartu NPWP dan surat keterangan terdaftar, paling lama pada hari kerja berikutnya, dalam hal surat pernyataan pindah beserta persyaratannya secara lengkap disampaikan ke KPP baru, atau setelah menerima surat pindah dari wajib pajak yang berasal dari KPP lama

nah… cukup simpel kan 🙂 mungkin yang gak simpel tuh… kalo KPP lama dengan yang baru jaraknya cukup jauh… benyat di ongkos euy…

moga lebih membantu yah… matur tengkyu!!!

Iklan

One thought on “perubahan NPWP…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s