larangan ber-HP ria di pom bensin…

berhubung “cuma” staff pabrik, alhamdulillah, begitu jam4 sore teng, langsung bergegas ke locker room. ganti baju kerja dengan baju lain dan nggak lupa absen sebelum pulang. begitu di parkiran motor, langsung nunggang motor dan berangkat pulang ke home sweet home. 

saking menikmati perjalanan, nggak terasa jarum fuel meter mendekati garis merah. “wah si doi haus neh…!!!” untungnya pom bensin gak jauh lagi, sudah didepan mata. sampai di pm bensin si doi minta diisi pertamax, biar tambah mantabs tuh pembakaran… katanya🙂

eh… kok sama petugas pom bensin diisi premium!!! “wuih jan kurang ajar ini orang. pelecehan banget, mentang-mentang si doi keluaran th 2000 kebawah, dianggap cuma minum premium…” dalam hati sih ngomongnya🙂

belum hilang dongkol di hati, tiba-tiba HP petugas pom bensin bunyi. dan dengan entengnya dia jawab panggilan masuk… lah??? padahal dibelakangnya dia , ada peringatan yang tertulis dengan  jelas dan besar sekali. DILARANG MENGAKTIFKAN HANDPHONE… mengaktifkan saja nggak boleh… apa lagi memakai HP itu sendiri…!!!

setelah sampai rumah, antara penasaran plus dongkol yang masih belum hilang plus jengkel karena jalanan tambah macet, coba cari informasi di internet tentang kepastian boleh atau tidaknya menggunakan HP di pom bensin.

berikut ini ringkasan dari berbagai sumber yang ane dapat ketika browsing.

signal atau radiasi dari gelombang elektromagnet dari HP itu yang bisa menyalakan api dari gas yang menguap di sekitar aliran bensin itu. kalo penjelasan ilmiahnya sih berhubungan dengan hukum faraday tentang medan elektromagnet yang melewati sebuah permukaan konduktor loop tertutup. yang menyatakan bahwa bila ada gelombang elektromagnet yang lewat permukaan loop, maka timbul tegangan atau EMF (electromotive force) dan menimbulkan arus listrik di loop konduktor tersebut.

paling gampang, coba perhatikan gantungan HP atau stiker yang ditempel di belakang HP, yang akan menyalan kalau ada panggilan atau sms masuk.

itu suatu contoh betapa besarnya gelombang elektromagnet yang dipancarkan sehingga dapat menyalakan lampu tersebut. sekarang bayangkan apabila gelombang elektromagent tersebut melewati sebuah permukaan dari konduktor loop tertutup. maka akan timbul arus di konduktor loop tersebut.

namun yang menjadi masalah adalah apabila konduktor tersebut bukan loop yang sempurna, misalkan ada celah kecil berukuran milimeter di sebuah loop tersebut, hal ini akan menimbulkan beda tegangan antara 2 ujung loop tersebut sehingga dapat menimbulkan lompatan elektron atau bunga api di loop tersebut. bayangkan bila mengenai uap bensin yang ada… maka BOOM!!!

padahal banyak banget konduktor loop di komponen mobil, karena hampir semua komponen mobil tuh konduktor semua.

wuih… apa info seperti ini banyak yang sudah tahu ya??? lha petugas pom bensin saja bisa sesantai itu menerima panggilan di HP-nya. bukan waktu pemakaian HP-nya yang dipermasalahkan, tapi kalau yang namanya musibah nggak ada yang tahu. lebih baik kan waspada.

maka dari itu WASPADALAH... dan ikuti aturan yang berlaku.

2 thoughts on “larangan ber-HP ria di pom bensin…

  1. ok bos, tabok aja operator pom bensinnya, atau catat namanya n laporin ke atasannya, soalnya kalo pas kita disitu dan terjadi kebakaran kan berabe, ya…gak…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s