ganti ban tubeless buat vario… the one and only :)

pyuhhh… meski hujan tambah deras, rasa ngidam untuk beli ban tubeless sudah terpuaskan. akhirnya tadi siang, sebelum berangkat makan siang, saya sempatkan mampir ke koperasi karyawan (kopkar) di lokasi plant lainnya untuk beli ban tubeless (berhubung di plant saya, stok ban tubeless lagi kosong). karena rasa jengkel masih membara karena ban sering bocor plus dikompori sama si empunya kopkar, langsung boyong ban tubeless merk FDR untuk si absolute matic dengan dimensi ban depan 90/80 dan ban belakang 110/80!!!

yup tidak salah lagi… 110/80! sengaja dipilih yang besar sekalian. dengar-dengar sih lebih stabil dari standarnya yang 90/90… lha iya, wong tapaknya lebih lebar, IMHO :)

begitu sampai di kantor, berbagai komentar berdatangan. ada yang menyangsikan… tapi banyak yang akhirnya kepincut untuk ikut merasakan ban tubeless dengan tapak lebar seperti punya saya.

dengan perjuangan yang lumayan berat… lha ban-nya sendiri juga memang berat. apalagi saya naik angkutan umum dari kantor ke cibinong, dan dari cibinong naik motor, nebeng teman, ke rumah, akhirnya bisa sampai rumah. malah teman ngantar sampai depan rumah persis. tararengkyu bro.

selesai sholat maghrib, langsung menyiapkan motor. maklum, ini motor sudah hampir 3hari mangkrak di teras rumah tanpa tersentuh apa-apa. lha wong ban belakang bocor total. malah saking semangatnya untuk dorong motor, gembok yang terpasang di roda depan belum sempat dibuka. hasilnya, kabel speedometer kena dan ketarik… putus deh :(

sesudah mesin nyala dan langsam, langsung itu motor didorong plus nggerutu sebisanya. sampailah ke tambal ban terdekat. langsung bilang ke abangnya… “bang, bocor nih… tapi ganti ban tubeless aja. ni saya dah bawa”. begitu abangnya lihat… “busyet!!! gedhe amat ban belakangnya. muat gak nih? kita coba dulu yah?”… “seep!!! silahkan aja!”

karena mesin motor masih panas, maka ban depan yang diganti terlebih dulu. setelah beres dan knalpot tidak terlalu panas, baru urusan ban belakang dimulai.

dan ternyata benar. ban ukuran 110/80 tidak muat dengan kondisi as is. inisiatif atau mungkin pengalaman, si abang langsung kendorin semua baut pengikat knalpot. dan hasilnya, ban belakang bisa dipasang dengan agak susah payah :)

akhirnya, proses pemasangan ban sudah selesai semua… cek kondisi ban setelah di isi angin, untuk depan 30 psi serta belakang 33 psi…

begitu proses cek ricek selesai, pikiran saya hanya tertuju ke kabel speedometer yang putus. tapi hal itu sirna begitu merasakan stabilnya perjalanan keliling kota bogor dengan ban tubeless FDR yang nemplok di roda CW vario absolute matic kesayangan.

17 gagasan untuk “ganti ban tubeless buat vario… the one and only :)

  1. Bro.. selama ini ada keluhan ga pake ukuran Ban depan 80 belakang 110 utk vario? Tarikan jadi berat ga bro? dan kata orang ban tubeless itu licin, bener ga sih?
    Ane jadi mau coba nie..
    thx

  2. Bro.. selama ini ada keluhan ga pake ukuran Ban depan 90 belakang 110 utk vario? Tarikan jadi berat ga bro? dan kata orang ban tubeless itu licin, bener ga sih?
    Ane jadi mau coba nie..
    thx

  3. tarikan memang rada berat bro… tapi terasa lebih stabil saja IMHO.
    dan satu lagi… ketika kondisi hujan, terasa lebih licin dibanding ban standar-nya.
    mungkin saja ban FDR yang saya pilih memang tergolong ban kering…

    overall sih, buat saya… lebih baik dibanding ban standar-nya.

  4. Oke Bro.. thanks atas infonya..
    btw ga ada yg perlu dimodif kan utk spakbor belakang? krn kan standarnya cuman 90 tuh..

  5. ndak ada sih masbro… paling cuman rada repot waktu pasang roda belakang aja.
    repotnya sih nglepas/ngendorin knalpot. yang lain ndak ada masalah :)
    so far… no problemo

  6. Ping-balik: ganti ban tubeless buat vario… kali ini khusus ban belakang « blog-nya diviarsa

  7. maaf… baru di respon masbro :)
    untuk harga… mungkin sekarang sudah berubah yah. kalau dulu, saya beli satu set, depan belakang, sekitar 450rb kalau ndak salah.
    tapi itu belum didiskon :):) kalau sudah diskon… ya lumayan lah buat nambah bensin seliter dua liter :)

  8. Kemarin saya mau beli 110/80/14 untuk Vario.sudah pada habis,3 toko saya datengin habis semua.dimana bro yang Ready ban 110/80/14 dan 90/80/14.infonye bro saya tunggu.

  9. maaf masbro. waktu itu saya beli di koperasi perusahaan. saat ini pun saya sedang mencari ban depan belakang untuk vario, karena waktunya ganti. dan di koperasi pun sekarang barangnya sedang kosong. yah… mungkin untuk kedepannya, saya mau pakai yang ukuran standar depan dan belakang saja :)

  10. misi gan mw numpang nnya nh
    ane kan mw msang ban belakang untuk vario ukuran 130/80 velg 14 it bisa gk si ya gan

  11. setahu saya tidak bisa untuk kondisi normal, dalam artian, secara lebar dari ban yang akan nge-gesek ke bagian lain dari motor. tapi bisa jadi yang saya tahu ini salah.
    monggo dicoba saja masbro. tapi kalau saya pribadi, tidak merekomendasikan. perlu dipertimbangkan untuk fungsionalnya juga, tidak hanya untuk penampilan saja.
    maaf kalau kurang berkenan

  12. Pengalaman gw emang terasa licin kalo ujan pake ban FDR, tapi jauh lebih stabil, gw pake FDR 100/80 belakang, kalo depan emang belum ganti tubless, tapi ban standar belakang dipindahin kedepan jd agak tinggi meminimalisir mentok di polisi tidur ditambah badan gw yg gede…..tapi yang pasti hati-hati untuk keselamatan kita.

Tinggalkan Balasan

