bagian-bagian dari dies HPDC

artikel kali ini akan mencoba membahas bagian-bagian dari dies itu sendiri. die(s) merupakan satu kesatuan yang terdiri dari 2 bagian utama. fix die dan move(able) die.

sedangkan fix die ataupun move die ini terdiri dari berbagai komponen yang bisa mencapai angka ratusan. dimana masing-masing komponen ini sangat detail, sangat spesifik, untuk mendukung setiap proses kerja HPDC. selanjutnya, secara garis besar, bisa dilihat dari image berikut ini.

buat saya pribadi, membuat design seperti ini sangat susah. banyak sekali detail-detail yang harus dipahami. dimensi-dimensi yang dipilih, toleransi yang diminta sampai jumlah mur dan bautnya. benar-benar menguras pikiran dan melelahkan mata.

sedikit pejelasan tentang image diatas. pembagian fix die dengan move die, ditandai dengan adanya parting line, yang ditunjukkan dengan arah panah keatas dan arah sebaliknya. parting line ini juga bisa berfungsi sebagai penunjuk die removal atau arah bukaan dies-nya.

image selanjutnya adalah bagian dari move side, yang sebenarnya secara garis besar penamaan komponen, tidak ada perbedaan dengan move side. kalaupun ada perbedaan, itu dikarenakan komponen itu berpasangan. tetapi saya mohon maaf, karena image ini hanya menunjukkan komponen-komponen utama saja. untuk  image komponen atau asesories lainnya secara detail, terlalu banyak kalau saya tunjukkan semua.

  • block die body. berfungsi sebagai penahan atau penyangga move side ketika disetting atau dipasang di plattern move mesin. untuk fix side, tidak terdapat block die body.
  • block spacer. berfungsi untuk membantu menahan die body, terutama di rumah cavity, agar tidak terjadi deformasi. untuk fix side, tidak terdapat block spacer.
  • die body. berfungsi sebagai rumah cavity dan komponen lainnya. untuk fix side, terdapat die body. dan die body inilah yang langsung dipasang ke plattern fix mesin.
  • guide bush. berfungsi sebagai lubang pengarah pin atau guide pin, yang terdapat di fix side. jadi dengan adanya komponen ini dan pasangannya, bisa dipastikan bahwa fix side dengan move side bisa ter-assy dengan baik dan bisa berfungsi sebagaimana mestinya.
  • stopper guide bush. berfungsi sebagai penahan atau stopper guide bush, ketika mendapat tekanan dari guide pin.
  • distributor. berfungsi sebagai jalur atau lintasan logam cair setelah melewati die sleeve (short sleeve). distributor hanya terdapat di move side. untuk fix side, terdapat die sleeve (short sleeve) sebagai pasangan dari distributor.
  • slide core system. berfungsi sebagai pembentuk profil dengan arah bukaan atau die removal ke arah selain fix side atau move side. penempatan slide core system bisa terdapat di fix side ataupun move side. tergantung dari bentukan parting line dan removal yang sudah ditentukan di awal.
  • chill vents. berfungsi sebagai tempat buangan udara yang merupakan perpanjangan dari venting system yang berada di cavity. posisi chill vents ini berada di die body. untuk fix side, juga terdapat chill vents, yang merupakan pasangan dari chill vents yang berada di move side.
  • cavity. sebagai komponen utama pembentuk blank casting, karena cavity ini merupakan cetakan dari blank casting. untuk profil-profil yang kecil dan rawan patah atau rusak, bagian dari cavity ini dibentuk sebagai insert pin atau insert profil. fungsinya sama seperti cavity, sebagai pembentuk profil pada part. untuk fix side, terdapat cavity. untuk membedakan cavity mana yang terdapat di fix atau move side, biasanya dilakukan tambahan nama komponennya, fix cavity dengan move cavity :)

About these ads

2 thoughts on “bagian-bagian dari dies HPDC

  1. wah… itu belum detail mas bro. kalau benar-benar detail, ada sekitar minimal 200 item komponen per side. ruiiibet!!! :) :)
    terima kasih juga… senang bisa membantu :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s