curhat… jika si kecil rewel ketika ditinggal pergi

dadag… dadag… mmuacchh!!! :)

seringkali saya terseyum-senyum sendiri ketika mengingat bagaimana respon si kecil ketika saya berangkat bekerja tiap pagi. tidak ada ekspresi sedih atau kecewa karena saya tidak bisa menemaninya dari pagi sampai sore hari. tapi… hal itu terjadi kalau saya menggunakan sepeda motor. lain halnya kalau saya memilih menggunakan mobil untuk berangkat kerja. pasti si kecil menangis dengan suksesnya…

“huuwaaaa… ikung… ikung… ayah!!!” :)

ganti bundanya yang tersenyum bahkan sampai tertawa melihat hal ini. yah… mungkin karena tiap kali keluar rumah menggunakan mobil, si kecil pasti ikut serta. bisa jadi ini yang membuat si kecil rewel ketika saya menggunakan mobil.

dari kebiasaan-kebiasaan dan respon si kecil melihat saya berangkat kerja, saya jadi bersyukur. karena tidak sedikit keluarga yang mengalami atau lebih tepatnya menghadapi kerewelan buah hatinya ketika ditinggal pergi, entah itu bekerja atau ada keperluan di luar rumah.

bagaimana cara mengatasi hal ini? berikut beberapa tips yang mungkin bermanfaat bagi keluarga muda sekalian :)

  • sebelum anda pergi, ajak si kecil untuk melakukan hal-hal meyenangkan, yang bisa membuatnya lupa akan kepergian anda. pastikan ada yang mengasuh dan mengajaknya melakukan kegiatan yang menyenangkan.
  • tunjukkan sikap tenang sehingga dapat meyakinkan anak bahwa ia akan baik-baik saja selama anda bekerja.
  • sesekali hubungi anak lewat telepon untuk menyapanya dan menunjukkan bahwa anda selalu ingat padanya. kalau ia merengek, dengarkan rengekannya. katakan anda memahami kondisi dan perasaannya, tetapi anda harus bekerja.
  • yakinkan bahwa anda akan tiba di rumah pada jam tertentu.
  • setiba di rumah, minta anak menceritakan pengalamannya selama anda bekerja.
  • puji anak untuk ketabahan dan kesabarannya.

Tinggalkan Balasan

